Pengertian Pasar Abstrak Dan Syaratnya

Pengertian Pasar Abstrak Dan Syaratnya


Dan uratan di atas dapatlah disimpulkan bahwa pasar abstrak adalah proses interaksi (hubungan timbal balik) yang dilakukan penjual dan pembeli dalam rangka mencapai kesepakatan harga dan barang (output) yang akan diperjualbelikan. Makna pasar abstrak lebih ditekankan pada proses interaksi jual beli, dan bukannya tempat jual-beli secara fisik.

Syarat Pasar Abstrak

  1. penjual dan pembeli tidak bertatap muka secara langsung.
  2. barang yang diperjualbelikan tidak berada di tempat bertemunya penjual dan pembeli.



Dalam bentuk yang lebih kompleks pasar abstrak dapat berupa pasar/ bursa komoditi dan bursa surat-surat berharga. Transaksi yang dilakukan dalam pasar abstrak n dilakukan mefalui perantara, yaitu pialang (broker). Bursa komoditi merupakan pasar tempat transaksi komoditi-komoditi seperti teh, tembakau, timah, dan sebagainya. Dalam bursa mi yang ditunjukkan adalah contoh (sampel) komoditi, disertai dokumen tentang harga, kualitas, dan cara pengiriman.

Dalam bursa surat-surat berharga, yang diperdagangkan bukan komoditi melainkan saham, obligasi, dan mata uang asing (valuta asing) dan kredit.
  1. Bursa Saham: tempat untuk memperjualbelikan saham dan obligasi. Saham adalah surat yang menyatakan bahwa seseorang telah menyerahkan sejumlah modal untuk ikut menjadi pemilik suatu perusahaan. Obligasi adalah surat pernyataan pinjaman dengan bunga tertentu dan pemerintah/ perusahaan yang dapat diperjualbelikan.
  2. Bursa ValutaAsing: tempat memperjualbelikan mata uang asing. Dalam bursa itu ditetapkan nilai jual dan nilai beli suatu mata uang asing terhadap mata uang lainnya. Misalnya, nilai jual US $1,00 Rp2.333,00 dan nilai beli US $1,00 = Rp2.289,00
  3. Pasar kredit: pasar uang antarbank dengan suku bunga yang berbeda-beda.
Sumber Pustaka: Erlangga