Pengertian Pendapatan Perkapita Beserta Pertumbuhan Dan Perkembangannya

Pengertian Pendapatan Perkapita Beserta Pertumbuhan Dan Perkembangannya


Berikut ini adalah arti dari pendapatan perkapita, pertumbuhan dan perkembangannya.

Arti Pendapatan per Kapita

Berapa pendapatan orang tua Anda per bulan? Berapa pendapatan guru Anda dalam setahun? Adakah cara untuk mengetahui besarnya pendapatan orang Indonesia per tahun?

Pendapatan rakyat Indonesia per tahun bisa kita ketahui dan besarnya pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk Indonesia. Inilah yang dimaksud pendapatan per kapita atau pendapatan rata-rata rakyat Indonesia. Misalnya, pada tahun 2001 pendapatan nasional Indonesia sebesar Rp423 triliun, sedangkan jumlah penduduk 225 juta orang, maka besarnya pendapatan per kapita adalah Rpl.880.000. Dengan demikian pendapatan per kapita dirumuskan:

Pendapatan per Kapita dan Pertumbuhan Pendapatan Per Kapita

Jika pendapatan nasional untuk berbagai tahun diketahui, menentukan pendapatan per kapita bukanlah hal sulit. Pendapatan per kapita adalah pendapatan rata-rata penduduk. Oleh karena itu, untuk mendapatkan per kapita suatu tahun tertentu adalah dengan cara membagi pendapatan pada tahun itu dengan jumlah penduduk tahun yang bersangkutan.

Untuk menentukan tingkat pertumbuhan pendapatan per kapita dan tahun ke tahun dapat ditentukan dengan cara penentuan pertumbuhan pendapatan nasional nil, yaitu dengan rumus sebagai berikut.

Perkembangan Pendapatan per Kapita

Bila Anda baca informasi mengenai perekonomian Indonesia sebelum krisis ekonomi terjadi, apa yang dapat Anda simpulkan? Barangkali Anda akan membuat kesimpulan bahwa perekonomian Indonesia sangat baik pendapatan per kapita hampir 1.200 dollar AS dan diijuluki negara industri baru yang sedang membangun dengan iat-giamya. Namun, setelah terjadi krisis ekonomi, perekonomian Indonesia kembali terpuruk. Pendapatan per kapita turun hingga mencapai 600 dollar AS dan pembangunan banyak yang terhenti. Lalu bagaimanakah perkembangan pendapatan per kapita setelah krisis ekonomi?

Berdasarkan tabel tersebut apa yang dapat Anda simpulkan? Secara umum, PDB per kapita, GNP per kapita dan pendapatan per kapita menunjukkan peningkatan, baik bila diukur dengan harga berlaku maupun dengan harga pasar tahun 1993. Namun demikian, perlu kita teliti terlebih dulu apakah pendapatan nasional yang sebesar itu diterima oleh penduduk Indonesia secara merata? Untuk melihat pembagian pendapatan nasional, kita harus melihat distribusi pendapatan nasional tersebut. Namun kesimpulan umumnya di Indonesia pendapatan nasional itu terbagi tidak secara merata.



Kembali ke tabel 1.1. Dengan pendapatan nasional seperti pada tabel tersebut, dimanakah posisi Indonesia? Apakah Indonesia termasuk negara berpendapatan rendah, sedang, atau tinggi? Untuk mengetahuinya, perhatikanlah tabel 12.
Sumber Pustaka: Yudhis