Pengertian Uang Menurut Para Ahli Dan Syaratnya

Pengertian Uang Menurut Para Ahli Dan Syaratnya

Definisi uang menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut.
  • A.C. Pigou
Dalam bukunva The Veil of Money, yang dimaksud dengan uang adalah alat tukar.
  • D.H. Robertson
Dalam bukunva Money, ia mengatakan bahwa money is something recepted in payment frr goods. Artinya, uang adalah sesuatu yang bisa diterima dalam pembayaran untuk mendapatkan barang-barang.
  • R.G. Thomas
Dalam bukunva Our Modern Banking menjelaskan money is something that is readily and generaly accepted by public in par ment for goodc, services and other valuable assets andfor the payment for debts. Artinya, uang adalah sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.



Dari definisi uang tersebut di atas, dapatlah disimpulkan bahwa pengertian uang adalah suatu benda yang diterima secara umum sebagai alat perantara untuk mempermudah tukar-menukar dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

Syarat-Syarat Uang

Berdasarkan uraian di atas, agar suatu benda dapat digunakan sebagai alat perantara dalam tukar-menukar maka harus memenuhi svarat-syarat sebagai berikut.
  1. Disenangi dan dapat diterima secara umum (acceptability).
  2. Tahan lama dan tidak mudah rusak (durability).
  3. Nilainya tetap dalam jangka waktu yang lama (stability of value).
  4. Mudah disimpan dan mudah dipindahkan!dibawa kemana-mana tanpa kesulitan (portability).
  5. Mudah dibagi tanpa mengurangi nilai (divisibility)
  6. Memiliki satu kualitas saja (uniformity).
  7. Jumlahnya terbatas dan tidak mudah dipalsukan (scarcity).
Dalam pelaksanaan pertukaran, syarat-syarat yang dikemukakan di atas, belum tentu terpenuhi semua oleh semua benda. Akan tetapi, masyarakat selalu berusaha semaksimal mungkin agar benda yang dijadikan uang memenuhi svarat-svarat tersebut agar bisa berfungsi sebagai uang.
Sumber Pustaka: Yudhistira