Penyebab Kepunahan Hewan Dan Tumbuhan Organisme

Kepunahan Organisme


Berdasarkan temuan fosil-fosil, kita tahu bahwa jenis makhluk hidup yang pernah hidup di bumi, ada yang berbeda dengan makhluk hidup yang ada sekarang. Artinya, banyak jenis makhluk hidup yang hidup pada jaman dahulu tidak ditemukan lagi sekarang. Berarti makhluk hidup tersebut telah mengalami kepunahan.

Tumbuhtd’an hewan banyak yang menjadi fosil. Penyebabnya adalah organisme itu tidak mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi lingkungan yang terjadi saat itu. Lingkungan bumi mengalami prubahan secara terus-menerus atau dinamis. Organisme yang dapat beradaptasi tetap lestari, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan punah karena terkena seleksi alam.



Dinosaurus adalah kelompok hewan reptilia purba yang mendominasi bumi selama jutaan tahun. Tapi sekitar 65 juta tahun yang lalu, Dinosaurus lenyap dari bumi. Dan fosil yang ditemukan, diperoleh bukti bahwa pada saat itu terjadi hal sebagai berikut.
  1. suhu bumi menurun tajam
  2. permukaan air laut naik
  3. tumbuhan lebih dulu punah
  4. terdapat kandungan iridium di bumi.
Dan bukti tersebut, para ilmuwan membuat beberapa teori sebagai berikut.
  • Iridium sangatjarang ada di bumi. dan umumnya terdapat pada meteorit. Diduga ada meteorit atau asteroid raksasa yang menumbuk atmosfer bumi. Pecahan meteorit membentuk awan debu yang menghalangi cahaya matahari masuk ke bumi. Akibatnya, iklim terganggu selama beberapa bulan dan mematikan banyak jenis tumbuhan. Karena tumbuhan mati, hewan pemakan tumbuhan, termasuk Dinosaurus herbivor mati. Karena herbivor mati, hewan karnivor juga mati. Teori ini banyak penganutnya. Dan pecahan asteroid yang diperkirakan berumur 65 juta tahun telah ditemukan di dasar laut Karibia.
  • Ilmuwan lain berpendapat perubahan iklimlah yang men yebabkan kepunahan banyak jenis organisme, termasuk Dinosaurus. Perubahan iklim dapat terjadi oleh tumbukan asteroid atau tanpa tumbukan asteroid.
  • Dan fosil yang ditemukan di India, diperkirakan Dinos aurus punah karena letusan gunung berapi yang sangat hebat. Letusan tersebut menghasilkan debu yang memenuhi atmosfer. Akibatnya cahaya matahari terhalang dan suhu di bumi menjadi dingin. Dinosaurus tidak dapat menyesuaikan din dan akhirnya punah.
Sampai saat mi ilmuwan masih memperdebatkan penyebab punahnya Dinosaurus. Tetapi yang pasti adalah makhluk hidup punah karena tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Pada jaman dahulu. perubahan lingkungan terjadi secara alami dan dalam waktu jutaan tahun, sehingga makhluk hidup mampu beradaptasi. Sekarang perubahan lingkungan dipercepat oleh kegiatan manusia. Misalnya, hutan ditebang untuk membuka daerah industri. Perubahan lingkungan yang cepat akan mempercepat punahnya organisme. Jika makhluk hidup itu telah punah, kita tidak akan dapat memunculkannya kembali. Artinya “hasil karya alam” yang dibentuk dalam waktu jutaan tahun lamanya melalui adaptasi, akan lenyap hanya dalam waktu beberapa puluh tahun oleh kegiatan manusia.
Sumber Pustaka: Erlangga