Peran Serta Warga Negara Dalam Mempertahankan Ideologi Pancasila

Peran Serta Warga Negara Dalam Mempertahankan Ideologi Pancasila

Berikut ini adalah peran serta warga negara Indonesia yang mempertahankan idiologi kita Pancasila.

Alasan Bangsa Indonesia Mempertahankan Ideologi Pancasila

Alasan bangsa Indonesia mempertahankan ideologi Pancasila ada lab sebagai berikut.
  • Historis
Dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dewasa ini. bangsa Indonesia harus memiliki visi dan pandangan hidup yang kukuh agar tidak terombang-ambing di tengah masyarakat internasional. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus memiliki nasionalisme yang berakar pada sejarah bangsa Indonesia.



Secara historis, nilai-nilai Pancasila telah diiniliki oleh bangsa Indonesia sejak sebelum Prokiarnasi Kernerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai bangsa Indonesia wajib menghayati, melestarikan, dan rncmpertahankan nilai-nilai Pancasila itu dalarn hidtip bermasyarakat, berbangsa. dan bernegara.
  • Sosiologis
Melemahnya kepercayaan rakyat terhadap ideologi Pancasila dapat men gancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang stidah lama dibina, dipelihara, serta dijaga. Oleh karena itu. sebagai bangsa Indonesia wajib mengembangkan dan mengkaji lagi nilai-nilai Pancasila sebagai basil karya besar dan bangsa sendiri.
  • Ancaman Ideologi Lain
Dalam kerangka mempertahankan ideologi Pancasila, kita sadar akan keberadaan ideologi lain yang mernbahayakan kelangsungan hidup Pancasila, inisalnya
  1. paham komunisme;
  2. paham liberalisme;
  3. paham yang menyalahgunakan agama.
Untuk mempertahankan ideologi Pancasila, bangsa Indonesia perlu melakukan usaha terpadu dan berencana, antara lain sebagai berikut.
  1. Usaha meresapi kembali cita-cita yang terkandung dalam Pancasila dengan diwujudkan dalam berpikir khas Pancasila, yaitu berpikir integralistik, bukan berpikir liberal atau materialisme dialektik.
  2. Pengarnalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari secara bulat dan utuh dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang selaras, serasi, dan seimbang, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  3. Usaha mengingatkan umat beragama agar percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai ajaran agamanya.
  4. Usaha melaksanakan trikerukunan umat beragama.
  5. Usaha mematuhi norma hukum, norma sosial, norma agama, dan peraturan-peraturan perundangan yang berlaku.

Peran Serta Warga Negara Mempertahankan Pancasila

Manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sering menghadapi permasalahan yang datang dan kelompok ataupun dirinya sendiri. Hal itu disebabkan perbedaan kepentingan antarmanusia. Warga negara Indonesia juga sering menghadapi masalah dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Oleh karena itu, bangsa Indonesia memerlukan sarana yang tepat untuk mempersatukan perbedaan tersebut sehingga permasalahan dapat dihadapi bersama. Sarana yang sesuai denganjiwa, kepribadian, dan pandangan hidup bangsa adalah Pancasila. Agar Pancasila dapat benar-benar menjadi pandangan hidup bangsa dan dasar negara, perlu kebulatan tekad untuk mempertahankan Pancasila.

Peran serta warga negara Indonesia datam upaya mempertahankan Pancasila dapat dilakukan dengan mewujudkannya di dalam hidup sehari-hari. Jika Pancasila tidak dapat menyentuh kehidupan nyata dan kita tidak dapat merasakan wujudnya dalam kehidupan sehari-hari maka lambat laun pengertian Pancasila akan luntur. Selanjutnya, Pancasila hanya akan menjadi dokumen kenegaraan yang tertulis dalam buku-buku sejarah Indonesia.

Perwujudan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut.
  • Lingkungan keluarga, inisalnya
  1. bertekad untuk selalu mematuhi peraturan keluarga,
  2. bertekad untuk menghormati semua nggota keluarga,
  3. bertekad untuk berperilaku hidup sederhana, dan
  4. bertekad untuk meringankan beban orang tua sesuai dengan kemampuan.
  • Lingkungan sekolab, inisalnya
  1. bertekad untuk menghonnafi guru dan sesama teman,
  2. bertekad untuk belajar dengan balk untuk meraih prestasi,
  3. bertekad untuk menjalin kewja sama dengan semua teman dan sekolah lain,
  4. bertekad untuk mematuhi tata tertib sekolah, dan
  5. bertekad untuk selalu membawunama balk sekolah di mana pun berada.
  • Lingkungan masyarakat, inisalnya
  1. bertekad untuk mematuhi peraturan masyarakat, dan
  2. bertekad untuk menjalin hubiingan balk dengan sesama warp masyarakat.
Sumber Pustaka: Tiga Serangkai