Peranan Budaya Demokrasi Di Lingkungan Masyarakat Dan Negara

Peranan Budaya Demokrasi Di Lingkungan Masyarakat Dan Negara


Demikian juga di lingkungan masyarakat, segala keputusan menyangkut kepentingan bersama harus dimusyawarahkan agar dapat diterima dengan baik oleh seluruh anggota masyarakat. Kepentingan bersama yang perlu dimusyawarahkan tersebut, antara lain sebagai berikut.
  • Program-Program Pengembangan Masyarakat atau Lingkungannya
Segala upaya untuk memperbaiki lingkungan dan upaya menuju kemajuan biasanya selalu melibatkan semua kalangan masyarakat. Oleh karena itu, baik perencanaan maupun pelaksanaannya haruslah merupakan hasil dan musyawarah masyarakat. Terlebih lagi kalau sudah menyangkut dana yang diambil dan masyarakat (iuran masyarakat). Semua itu harus dimusyawarahkan bersama agar tidak terjadi kesalahpahaman diantara anggota masyarakat, sehingga tujuannya dapat tercapai denan maksimal.


  • Pemilihan Ketua RT
Seperti halnya pemilihan ketua OSIS, pemilihan ketua RT biasanya juga dilakukan dengan pemungutan suara (voting). Perlakuan yang sama dan adil terhadap calon-calon yang berhak serta pelaksanaan yang baik dalam proses pemilihan. akan sangat menentukan baik/tidaknya atau diterima/tidaknya calon terpilih oleh masyarakat.

Peranan Budaya Demikrasi Lingkungan Negara

Mengenai penerapan budaya demokrasi di lingkungan negara, telah dijabarkan dalam uraian materi sebelumnya. Sedangkan contoh budaya demokrasi di Iingkungan negara dapat dilihat dalam kegiatan-kegiatan berikut.
  • Rakyat terlibat dalam pemilu, baik untuk memilih wakil-wakil rakyat ataupun memilih presiden dan wakil presiden.
  • Rakyat melalui wakil-wakilnya terlibat dalam penyusunan undang-undang.
  • Rakyat melakukan pengawasan, baik terhadap wakil rakyat maupun pemerintah melalui media massa.
Sumber Pustaka: Yudhistira