Peranan Mollusca Bagi Manusia Dan Manfaatnya

Peranan Mollusca Bagi Manusia


Beberapa Mollusca memiliki arti ekonomi yang penting bagi manusia antara lain berikut ini.

  1. Menghasilkan daging yang mengandung protein, inisialnya kerang, bekicot, keong, cuini-cuini, sotong, dan lain-lain. Di Jawa Timur orang mencari kupang (sejenis kerang kecil) di dasar laut (pasir), dagingnya dimasak menjadi semacam sup yang lezat. Orang menyebutnya masakan kupang.
  2. Tiram mutiara (Margaritfera) menghasilkan mutiara yang merupakan bahan perhiasan yang mahal harganya. Pembentukan mutiara dapat terjadi secara alaini, yaitu bila ada benda asing yang masuk di antara mantel dan cangkang. Karena kemasukan benda asing, tiram berusaha mengeluarkan benda keras tersebut dengan membungkusnya dengan lendir. Lendir mengeras menjadi mutiara. Produksi mutiara juga dapat dilakukan secara buatan yaitu dengan sengaja memasukkan benda asing di antara mantel dan cangkang sehingga tiram terpaksa membentuk mutiara. Mutiara yang dihasilkan dikenal sebagai mutiara hasil “suntikan”. Mutiara yang deinikian ini ash atau tidak? Butiran mutiara itu hidup apa tidak? Diskusikan dengan temanmu.
  3. Beberapa Mohlusca juga merupakan hama tanamari, inisalnya keong mas yang banyak merusak padi. Bekicot (Achatina fulica) berasal dan Madagaskar, terbawa pada sayur yang dibawa orang Belanda ke India, dan akhimya masuk ke Indonesia. Bekicot berkembang biak menjadi hama dan petani kesulitan memberantasnya. Sekarang, bekicot menjadi makanan mewah, terutama untuk diekspor ke Perancis, sehingga banyak orang yang membudidayakannya.
Sumber Pustaka: Erlangga