Perantara Penyerbukan Pada Tumbuhan Biji

Perantara Penyerbukan Pada Tumbuhan Biji


Proses pembiakan generatif pada tumbuhan biji tertutup didahului oleh proses penyerbukan dan dilanjutkan dengan pembuahan.

Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan disehut pula sebagai persarian. Kepala putik ada yang berbulu halus, ada pula yang berlendir. Dengan demikian serbuk sari mudah melekat pada kepala putik.



Serbuk sari dapat mencapai kepala putik secara alaini dan secara buatan. Secara alami, serbuk sari dapat mencapai kepala putik dengan perantaraan angin, hewan, dan air. Manusia pun dapat membantu penyerbukan tumbuhan. Penyerbukan dengan bantuan manusia digolongkan penyerbukan buatan. Perantara yang menyebabkan terjadinya penyerbukan disebut dengan polinator. Berdasar macam perantaranya, penyerbukan dapat dibedakan menjadi penyerbukan oleh angin, hewan, air, dan manusia.

Penyerbukan oleh Angin

Bunga yang diserbukkan oleh angin mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Bunganya tidak berwarna dan tidak mempunyai kelenjar madu. Serbuk sari berjumlah banyak dan ringan sehingga mudah diterbangkan angin. Kepala sari besar Jari tangkai sari panjang serta bergoyang kalau ditiup angin. Putiknya terentang ke luar, panjang, dan berbulu. Contohnya adalah tumbuhan kelapa, rumput, dan jagung.

Penyerbukan oleh Hewan

Hewan yang umum berfungsi sebagai perantara penyerbukan adalah serangga, inisalnya kupu-kupu dan lebah. Selain serangga, hewan lain yang dapat sebagai perantara ntara lain siput, burung, dan kelelawar. Ciri-ciri bunga yang Jiserbukkan oleh hewan adalah bunga berwarna-warni sebagai Java tarik, berbau harum, dan mempunyai kelenjar madu. Serbuk sarinya berlendir sehingga dapat melekat di tubuh hewan. Putik tersembunyi dan berlendir. Kupu, lebah, dan sumbang akan datang mengisap madu, dan serbuk sari akan menempel di tubuhnya. Ketika serangga tersebut hinggap di bunga lain yang sejenis, penyerbukan pun terjadi.

Penyerbukan oleh Air

Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam air, misalnya Hydrilla.

Penyerbukan oleh Manusia

Selain secara alami, penyerbukan juga dapat dilakukan dengan pertolongan manusia, misalnya pada salak dan vanili. Bunga salak dan vanili berkelamin tunggal sehingga ada bunga jantan dan ada bunga betina. Untuk penyerbukannya, bunga jantan yang penuh serbuk sari dipetik, kemudian ditempelkan pada bunga betina yang sudah masak. Warna bunga apa yang disukai serangga? Permasalahan ini perlu kalian can jawabannya dengan melakukan eksperimen. Kegiatan 2.2 berikut dapat dilakukan di luar jam pelajaran.