Perkembangbiakan Makhluk Hidup Kelas 9

Perkembangbiakan


Masih ingatkah kamu pada pelajaran kelas 1, bahwa berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup?

Dengan berkembang biak, makhluk hidup dapat menghasilkan keturunan baru dan menjaga kelestarian jenisnya. Organisme yang tidak mampu berkembang biak tidak memiliki keturunan sehingga akan punah. Inisalkan pada suatu areal terdapat populasi serangga yang terkena radiasi. Seranggajantan yang terkena radiasi menjadi mandul. Akibatnya, serangga jantan dan betina tidak dapat kawin dan berkembang biak. Akhirnya, populasi serangga di daerah tersebut akan punah. Jadi, serangga tersebut tidak dapat menjaga kelestarian jenisnya karena tidak mampu berkembang biak.



Organisme ada yang mempunyai daya berkembang biak tinggi dan ada yang rendah. Organisme yang mempunyai daya berkembang biak tinggi, misalnya laron. Di awal musim hujan. laron-laron itu keluar dan sarang untuk kawin dan berkembang biak. Laron merupakan makanan bagi serangga lain. katak, reptilia, dan burung. Sebagian besar laron dimangsa predator. Akan tetapi karena jumlah laron tersebut banyak. maka masih ada laron yang hidup dan kawin untuk melestarikan jenisnya. Selain laron. hewan yang memiliki daya berkembangbiak tinggi misalnya tikus, belalang, dan ikan tombro. Coba sebutkan hewan lain yang memiliki daya berkembang biak tinggi.

Organisme yang memiliki daya berkembang biak tinggi akan terjamin kelestariannya dan biasanya akan mendominasi Iingkungannya. Misalnya. ilalang dan eceng gondok dalam waktu singkat dapat menghasilkan keturunan yang menutupilahan pertanian atau perairan. Tumbuhan yang mempunyai daya berkembang biak tinggi mampu bersaing dengan tumbuhan Iainnya. Coba sebutkan contoh tumbuhan lain yang memiliki daya berkembang biak tinggi. Apakah tumbuhan ini juga mendoininasi lingkungannya? Organisme yang memiliki daya berkembang biak rendah, misalnya gajah, hanya beranak sekali dalam dua tahun. Setiap Lali beranak hanya seekor. Deinikian pula badak, memiliki daya berkembang biak rendah. Hewan yang memiliki daya berkembang biak rendah merupakan hewan-hewan yang terancam kelestariannya.

Makhluk hidup bereproduksL untuk melestarikan jenisnya. Makhluk hidup yang memiliki daya berkembang biak tinggi akan mendorninasi lingkungan.
Sumber Pustaka: Erlangga