Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan

Perkembangbiakan Vegetatif Alami


Perkembangbiakan vegetatif alami disebut pula sebagai perkembangbiakan tak kawin (aseksual) alami. Perkemangbiakan vegetatif secara alami antara lain terjadi melalui umbi lapis, rizom, umbi akar, umbi batng, geragih, dan tunas adventif.

Umbi Lapis

Umbi adalah bagian tumbuhan yang membesar yang mengandung cadangan makanan. Misalnya, pada bawang merah agian pangkal daun menebal, berdaging, dan bentuknya berlapis sehingga disebut umbi lapis. Pada dasar umbi tersebut terdapat batang yang disebut cakram. Cakram dapat memn tuk tunas-tunas dan menghasilkan umbi barn yang disebut siung bawang. Siung bawang inilah yang ditanam untuk di kembangbiakkan. Selain bawang merah, tumbuhan yang berembang biak dengan umbi lapis adalah bawang putih, bawang daun, dan bakung.



Rizom (Rimpang)

Rizom atau rimpang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah yang berisi cadangan makanan. Ada pula yang menyebutnya sebagai akar tongkat atau akar tinggal. Rizom bukanlah akar. melainkan batang. Pada batang yang menyerupai akar tersebut tumbuh tunas yang akan menjadi individu barn. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan rimpang yaitu Iengkuas, jahe, temulawak, dan kunyit.

Umbi Akar

Umbi akar merupakan akar yang menggembung yang berisi cadangan makanan. Misalnya adalah umbi bunga dahlia. Pada pangkal umbi akar dahlia sebenarnya terdapat sisa batang sebagai tempat tumbuhnya tunas-tunas baru.

Dengan demikian tunas-tunas yang tumbuh di bagian yang menggembung merupakan sisa batang yang terdapat pada umbi akar. Contoh umbi akar lainnya, terdapat pada wortel dan lobak. Jadi, untuk memperbanyak tumbuhan tersebut, orang cukup menanam sebagian kecil umbi akar yang mengandung sisa batang. Sebaliknya orang tidak dapat menanam umbi akar pada ketela pohon karena umbi akarnya tidak mengandung sisa batang.

Umbi Batang

Umbi batang merupakan batang yang mengandung Cad angan makanan hingga menggembung membentuk umbi. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang adalah kentang, gembili, gadung, dan talas. Pada umbi batang akan tumbuh tunas bila ditanani Tunas kemudian akan tumbuuh menjadi pucuk muda.

Geragih

Geragih adalah batang yang menj aJar baik di atas maupun di bawah permukaan tanah, yang dapat berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Geragih disebut juga sebagai stolon. Pada setiap buku batang yang menjalar terdapat mata tunas yang dapat tumbuh menjadi individu barn. Jika buku-buku ini menyentuh tanah akan tumbuh tunas batang dan akar.

Tunas-tunas batang akan tumbuh menjalar menjadi tumbuhan baru yang dapat hidup sendiri. Contoh tanaman yang letak geragihnya di bawah permukaan tanah adalah macam-macam rumput (Gramineae), sedangkan yang geragihnya di atas perm ukaan tanah adalah pegagan (antanan), arbei, dan stroberi.

Tunas

Tunas adalah bagian tubuh makhluk hidup yang tumbuh menjadi individu baru. Jika tunas itu terlepas dan induk, maka dapat tumbuh di tempat baru menjadi individu barn. Contoh tumbuhan yang dapat membentuk tunas adalah pisang, tebu, dan bambu. Tunas tersebut tumbuh menjadi tumbuhan baru atau anakan yang tidak jauh dan tumbuhan induknya sehingga membentuk rumpun.

Tunas Adventif

Tunas tumbuhan biasanya tumbuh di ujung batang, buku-buku, atau di ketiak daun. Akan tetapi, ada tunas yang tumbuh tidak di tempat yang biasanya. Tunas yang demikian disebut tunas adventf Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh tidak di ujung batang atau ketiak daun, melainkan tumbuh di daun atau bagian tubuh lainnya. Contoh tumbuhan yang menghasilkan tunas adventif adalah cocor bebek, kersen, cemara, sukun, dan kesemek. Cocor bebek membentuk tunas advintif pada daun yang tua.
Sumber Pustaka: Erlangga