Perkembangbiakan Vegetatif Dan Generati

Perkembangbiakan Vegetatif Dan Generatif


Beberapa organisme ada yang mampu berkembang biak baik secara generatif maupun vegetatif. Pada umumnya beberapa spesies tumbuhan mampu melakukan kedua cara tersebut, sedangkan pada hewan sangat jarang terjadi.

Tumbuhan biji pada umumnya dapat dikembangbiakkan secara generatif dan vegetatif. Seperti yang telah disebutkan di atas, hasil perkembangbiakan generatif pada tumbuhan akan dihasilkan biji. Perkembangbiakan vegetatif terjadi jika dihasilkannya individu barn berasal dan bagian tubuh induknya. inisalnya dan batang, akar, atau daun. Per├▒ahkah kalian melihat bunga mawar atau melati yang banyak dijual oleh petani bunga? Biasanya mereka mengembangbiakkan dengan cara setek, yaitu dengan memotong dahan atau ranting yang sudah dewasa kemudian ditancapkan di tanah yang gembur. Setelah beberapa han, pada potongan batang tersebut sudah tumbuh akar dan menjadi tumbuhan baru.



Bagaimana halnya dengan hewan? Jenis hewan yang mengalaini perkembangbiakan generatif sekaligus vegetatif, inisalnya Hydra. Hydra merupakan golongan Coelenterata yang hidup di air tawar. Pada saat kondisi lingkungan baik, Hydra berkembang biak secara aseksual, yaitu dengan membentuk kuncup (tunas) pada tubuh induknya. Tetapi, jika kondisi lingkungan buruk, Hydra berkembang biak secara eksuaI, yaitu dengan membentuk testis dan ovarium yang menghasilkan sel sperma dan ovum.
Sumber Pustaka: Erlangga