Perkembangbiakan Vegetatif Pada Ilmu Biologi

Perkembangbiakan Vegetatif


Perkembangbiakan secara vegetatif adalah perkembangbiakan tanpa melalui peleburan sel sperma dan ovum. Individu keturunannya akan memiliki sifat yang sama persis dengan induknya. Perkembangbiakan vegetatif im dilakukan oleh hewan tingkat rendah, misalnya organisme bersel satu (Protozoa), hewan kantong (Coelenterata), cacing (Vermes), dan hewan berkulit dun (Echinodermata). Caranya dengan pembelahan sel, membentuk spora, membentuk kuncup, pemutusan tubuh (fragmentasi), dan partenogenesis.
  • Perkembangbiakan vegetatif terjadi tanpa ada peeburan sperma dan ovum.
  • Hasil perkembangbiakan vegetatif memhliki sifat yang sama dengan induknya.



Pembelahan Sel

Perkembangbiakan dengan melakukan pembelahan sel dilakukan oleh organisme bersel satu, misalnya Amoeba dan Paramecium. Sel membelah dan satu sel menjadi dua, empat, delapan, enam belas, dan seterusnya. Melalui pembIahan, sel semakin bertambah banyak. Prosesnya adalah sebagai berikut. Mula-mula inti sel membelah menjadi dua inti sel. Kemudian bagian sitoplasma menggenting menjadi dua bagian, yang diikuti membran sel, sehingga terbentuk dua sel. Kemudian setiap sel dapat membelah menjadi dua sel, dan seterusnya.


Pembentukan Spora

Pembentukan spora dilakukan oleh Plasmodium, organisme bersel satu yang tergolong kelas Flagellata.

Plasmodium membentuk spora ketika menginfeksi penderita. Fase yang demikian disebut fase sporozoit. Satu sel membentuk spora dengan jalan inti selnya membelah berkali-kali. Setiap satu inti membelah din membentuk 36 inti baru. Setiap inti dikelilingi sitoplasma. Maka terbentuklah 36 individu baru.

Proses pembelahan yang demikian disebut sebagai prose pembentukan spora. Apa perbedaannya dengan proses pembelahan sel? Diskusikan dengan teman kalian.


Pembentukan Kuncup

Contoh hewan yang berkembang biak dengan membentuk kuncup adalah Hydra. Pada bagian kaki hewan kantong mi tumbuh kuncup. Semakin lama, kuncup itu semakin membesar. Kemudian tumbuh tentakel yang mengelilingi mulutnya. Jika kuncup yang terbentuk banyak, maka akan terbentuk koloni. Individu yang terbentuk itu dapat melepaskan diri dan induknya dan hidup bebas. Contoh hewan lain yang dapat membentuk kuncup adalah anemon laut. Anemon laut banyak dipelihara di akuarium. Bentuknya mirip bunga mawar sehingga disebut juga mawar laut.

Fragmentasi

Fragmentasi adalah cara perkembangbiakan dengan pemutusan bagian tubuh. Fragmentasi dilakukan oleh hewan tingkat rendah, misalnya cacing pipih yaitu Planaria. Planaria yang banyak dijumpai di air tawar yang jernih dan berarus tenang dapat memutuskan sebagian tubuhnya. Tiap potongan tubuhnya tersebut, kemudian dapat tumbuh menjadi individu baru.


Partenogenesis

Beberapa dan hewan dapat melakukan perkembangbiakan dengan cara partenogenesis. Partenogenesis adalah terbentuknya individu barn dan ovum tanpa melalui pembuahan (fertilisasi). Umumnya hewan akan melakukan parten ogenesis hanya pada waktu tertentu saja. Contoh hewan yang melakukan partenogenesis ini adalah kutu daun.
Sumber Pustaka: Erlangga