Perlunya Ideologi Bagi Suatu Bangsa Dan Konsepnya

Perlunya Ideologi Bagi Suatu Bangsa


Ideologi berasal dan kata idea, yang artinya pemikiran, konsep, atau gagasan dan kata logos, yang artinya pengetahuan. Secara sederhana ideologi berarti pengetahuan tentang ide-ide, keyakinan, atau gagasan. Secara lebih luas, ideologi adalah seperangkat prinsip-prinsip yang dijadikan dasar untuk memberikan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam melangsungkan dan mengembangkan kehidupan nasional suatu bangsa dan negara. Dan pengertian ideologi ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam konsep ideologi terkandung hal-hal sebagai berikut.
  1. Berisi prinsip-prinsip hidup berbangsa dan bernegara.
  2. Menjadi dasar hidup berbangsa dan berneara.
  3. Memberikan arah dan tujuan dalam hidup berbangsa can bernegara.
Dengan demikian, bagi bangsa dan negara ideologi sngatlah penting karena memberikan dasar arah dan tujuan bagi bangsa dan negara dalam menjalankan kehidupannya. Tanpa ideologi, suatu bangsa tidak akan dapat berdiri kokoh dan mudah terombang-ambing oleh derasnya persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara.



Demikian juga, suatu bangsa dan negara meskipun meiniliki ideologi nasional, apabila ideology nasional tersebut tidak dihayati dan diamalkan oleh masyarakat bangsanya (termasuk peinimpinnya), ideologi tersebut hanya merupakan simbol belaka yang tidak mempunyai arti apa-apa bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Kurangnya pengamalan ideologi nasinal oleh masyarakat dapat terjadi karena prinsip-prinsip dasar serta arah tujuan yang terkandung dalam ideologi tersebut tidak dipahaini, dimengerti, dipergunakan, dan dilaksanakan sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

Bagi bangsa Indonesia, sudah jelas dan tegas bahwa yang menjadi ideologi nasional kita adalah Pancasila seperti yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea IV. Pancasila adalah dasar negara dan juga sebagai pandangan hidup bangsa ini meiniliki nilai-nilai yang memberikan arah dan tujuan yang jelas, yaitu menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Dengan kata lain Pancasila membawa bangsa menuju masyarakat adil makmur yang memiliki rasa:
  1. Ketuhanan yang Maha Esa;
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab;
  3. Persatuan Indonesia;
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan; dan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Ideologi nasional bangsa Indonesia yang tercerinin dan terkandung dalam Pembukaan VUD 1945 adalah ideologi perjuangan, yaitu ideologi yang sarat dengan jiwa dan semangat perjuangan bangsa untuk mewujudkan negara merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Negara kita menjadikan Pancasila sebagai ideologi nasional sesuai dengan cita-cita, jiwa, dan kepribadian bangsa. Bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai kebersamaan, kekeluargaan, dan keseimbangan dalam segala bidang kehidupan, yaitu bidang politik, ekonoini, sosial budaya, dan pertahanan keamanan (poleksosbud hankam) serta meiniliki nilai-nilai yang lebih baik dibandingkan dengan ideologi-ideologi yang ada.

Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia dapat diartikan Pancasila merupakan suatu konsep tentang sistem nilai yang secara individual maupun kebersamaan dipandang sebagai prinsip hidup ideal yang dicita-citakan dan kita inginkan untuk diwujudkan dalam kehidupan masyarakat dan negara kita Republik Indonesia.
Sumber Pustaka: Yudhistira