Perubahan Lingkungan Karena Faktor Alam Dan Mnusia

Perubahan Lingkungan


Lingkungan selalu berubah dan waktu ke waktu. Perubahan lingkungan biasanya mengarah ke keseimbangan lingkungan, tetapi dapatjuga mengarah ke kerusakan lingkungan. Ada dua faktor penyebab perubahan lingkungan, yaitu alam dan manusia.

Perubahan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Alam

Alam merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan lingkungan. Inisalnya, terjadinya banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, perubahan cuaca, angin, dan iklim. Perubahan tersebut dapat mengubah lingkungan secara total, seperti gunung meletus atau hanya sedikit yang mengalaini perubahan, rnisalnya angin dan banjir. Letusan gunung berapi akan menyebabkan lingkungan di sekitar gunung tersebut mengalaini suksesi sehingga lingkungannya dapat berubah total.


Contohnya, letusan Gunung Krakatau pada akhir abad 18 menyebabkan lingkungan di sekitar gunung tersebut berubah dan perubahan tersebut biasanya membutuhkan waktu yang larna. Saat ini, perubahan lingkungan yang disebabkan oleh alam sudah dapat diperkirakan manusia sehingga dampaknya dapat dikurangi.

Perubahan Lingkungan Yang Disebabkan Oleh Manusia

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia mernanfaatkan sumber daya alam dan lingkungannya. Kebutuhan tersebut antara lain makanan, pakaian, perumahan, dan transportasi. Apabila semakin besar populasi manusia dan teknologi juga semakin maju maka semakin banyakjumlah sumber daya yang diambil dan lingkungannya. Hal tersebut dapat menycbabkan terjadinya kerusakan lingkungan dan pencernaran.

Perubahan lingkungan tersebut antara lain penebangan hutan, kegiatan pertanian, penambangan (di darat, lepas pantai, dan laut), pencemaran (air, udara, dan tanah), pembangunan pabrik-pabrik untuk
industri, pembangunan gedung-gedung perkantoran, pembuatan jalan raya, dan pembangunan perurnahan.

Perubahan lingkungan dapat terjadi di tingkat lokal, regional ataupun global. Dampak perubahan lingkungan yang terjadi di tingkat local hanya dirasakan oleh wilayah itu saja, rnisalnya pembangunan perurnahan. Perubahan lingkungan yang terjadi di tingkat regional dapat dirasakan oleh wilayah yang lebih luas. Inisalnya, kebakaran hutan yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan menyebabkan pencemaran udara di Malaysia, Brunei. dan Singapura karena asap kebakaran itu tertiup sampai ke wilayah negara-negara tersebut. Perubahan lingkungan di tingkat global terjadi apabila dampak dan perubahan lingkungan tersebut mempengaruhi seluruh dunia. Inisalnya, penebangan kayu di hutan tropis Indonesia dapat mempengaruhi perubahan iklim global.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact