Produk Domestik Bruto Dengan Kemakmuran

Produk Domestik Bruto Dengan Kemakmuran


Semakin tinggi produksi masyarakat, semakin tinggi pula pendapatan nasional. Perbandingan antara tingkat pendapatan nasional dengan banyaknya jumlah penduduk dan penerima pendapatan di kalangan penduduk menunjukkan tingkat kemakmuran. Tingkat kemakmuran bagi negara-negara atau daerah-daerah yang hanya bergantung pada hasil-hasil yang ada pada daerah sendiri ditentukan oleh faktor-faktor berikut:
  1. kekayaan berupa sumber-sumber ekonomi (kekayaan alam),
  2. jumlah penduduk,
  3. kemampuan penduduk (anggota masyarakat) dalam menerapkan teknik produksi.
Untuk mencapai tingkat kemakmuran suatu negara dibutuhkan alam. pertumbuhan ekonomi yang dinamis. Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu keadaan yang menggambarkan peningkatan produk domestik bruto dan masyarakat suatu negara. Pertumbuhan ekonomi terjadi jika ada kenaikan PDB dan tahun sebelumnya dengan mengabaikan pertumbuhan penduduk. Jadi pertumbuhan ekonomi adalah suatu kenaikan yang mengindikasikan terjadinya kenaikan PDB suatu negara tanpa memandang apakah kenaikan tersebut Iebih besar atau lebih kecil dan tingkat pertumbuhan penduduk.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

Melihat perbandingan angka PDRB propinsi-propinsi di seluruh Indonesia, ada lima hal yang menarik diungkapkan. Pertama, kontribusi perekonomian Jawa Bali meningkat 1 (satu) persen dalam tahun 2002, namun tingkat pertumbuhannya Iebih rer,dah dibandirig ekonomi di pulau-pulau lainnya, kecuali Kalimantan. Kedua, seperti kondisi perekonomian Jawa Bali, walaupun kawasan barat tumbuh relative lebih lambat, namun kontribusinya cenderung meningkat Ketiga Kalimantan menempati PDRB per kapita tertinggi di Indonesia namun tingkat pertumbuhan ekonominya relatif paling rendah Keempat pulau pulau lainnya (Maluku dan Papua) mengalami pertumbuhan paling tinggi namun kontribusinya paling rendah Propinsi kaya sumber daya alam mi juga PDRB per kapita nya paling rendah. Kelima, hampir semua propinsi (kecuali di Kalimantan) mengalami pertumbuhan yang sedikit lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi nasional

PDRB Per Kapita, Distribusi dan Pertumbuhan Riil Antarpulau-pulau Utama Tahun 2001 dan 2002



Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan melewati tahap-tahap tertentu sebelum mencapai tingkat yang tertinggi. Oleh karena itu, setiap negara biasanya melaksanakan kegiatan pembangunan ekonomi di segala bidang secara bertahap sehingga dan pelaksanaan pembangunan dapat terlihat berapa kenaikan pendapatan per kapita. Selain itu, juga diusahakan bagaimana ngurangi laju pertumbuhan penduduk dan mengurangi tingkat pengangguran. 

Pembangunan ekonomi jugaa harus ditandai dengan perubahan dalam struktur sosial dan sikap mental masyarakat. Jadi, pembangunan ekonomi adalah sarana untuk meningkatkan produksi masyrakat sehingga dengan meningkatnya produksi masyarakat akan semakin meningkat pula pendapatan nasional. Semakin besar pendapatan nasional semakin besar pertumbuhan ekonomi.
Sumber Pustaka: Yudhistira