Standar Kertas (Ametalisme) Dan Kelebihan - Kekurangan Sistem Standar Moneter

Standar Kertas Atau Bebas (Ametalisme) Pada Sistem Standar Moneter


Ametalisme disebut juga dengan standar kertas atau standar bebas, di mana uang kertas benlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Inggris merupakan negara yang pertama yang melepaskan standar emas pada tahun 1931 kemudian diikuti oleh negara-negara lain di dunia. Pada saat, itu tiap negara mempunyai mata uang standarnya dan mata uang ini oleh negara yang bersangkutan dapat ditukarkan menurut perbandingan banyaknya emas sehingga pembayaran internasional dapat berlangsung.

Akan tetapi, krisis dunia mengakibatkan negara-negara melepaskan standar emasnya. Misalnya Inggris dalam bulan September 1931 Di ikuti oleh negara Skandinavia dan kemudian Jepang dan beberapa negara Amerika Latin dan Amerika Serikat dalam tahun 1933 dan tahun 1936 diikuti oleh negara Prancis, Swiss dan Belanda. Setelah negara-negara melepaskan standar logam maka beralih menggunakan standar kertas.



Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Standar Moneter

Setelah mengakaji uraian di atas dapat disimpulkan kelebihan-kekurangan dan sistem keuangan negara, baik pada waktu pemakaian alat pertukaran dan logam maupun sudah menggunakan kertas sebagai standar keuangan negara terlihat pada matrik di bawah ini.
Sumber Pustaka: Yudhistira