Upaya Mempertahankan Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara Secara Utuh

Upaya Mempertahankan Ideologi Pancasila


Nilai-nilai Pancasila telah menyatu dalam kepribadian dan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, Pancasila diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai dasar dan ideologi negara yang mengatur hidup bernegara.

Melihat begitu pentingnya fungsi dan peranan Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia, perlu bagi seluruh komponen bangsa. Pentingnya Pancasila tercerinin baik dan pusat sampai ke daerah, dan peinimpin sampai rakyat untuk bersatu padu mempertahankan Pancasila dan mewujudkannya dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Bagi bangsa Indonesia, Pancasila memiliki keunggulan dibandingkan dengan ideologi lain.



Nilai-nilai keunggulan ideologi Pancasila antara lain sebagai berikut.

Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa

Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinannya sejalan dengan asas kemanusiaan yang adil dan beradab. Nilai luhur ini melandasi kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Di Indonesia, terdapat bermacam-macam agama. Masing-masing melaksanakan ajaran agamanya sehingga kerukunan di antara penganut agama tetap terpelihara. Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa telah terpatri dalam hati penganut agama. Kerukunan berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa didukung rasa kemanusian yang adil dan beradab dapat menyemangati suasana kerukunan, perdamaian, dan kekeluargaan.

Nilai Kemanusiaan yang Adil Dan Beradab

Kita mengakui persamaanderajat, hak, dan Icewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa kita. Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan kewajiban, kita bersama-sama akan mampu menegakkan dan”memelihara kebersamaan yang dinamis serta selalu mengarah pada kemantapan yang lebih sempurna.

Nilai Persatuan Indonesia

Setiap warga negara mengutamakan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Sikap tersebut melahirkan kesanggupan dan kerelaan berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. Sikap positif itu dilandasi oleh rasa cinta kepada tanab air (patriotis) dan rasa cinta kepada bangsa dan negara (nasionalis).

Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/perwakilan

Kita adalah warga negara. Warga masyarakat yang mempunyai kedudukan. hak, dan kewajiban yang sama. Kedudukan yang sama itu digunakan dengan kesadaran, selalu memperhatikan, dan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Selain itu, sebagai warga negara kita harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan persoalan bersama.

Nilai-Nilai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Seluruh warga negara bersama-sama menciptakan keadilan social dalam kehidupan bermasyarakat. Memupuk sikap saling menghormati dan bersikap adil antar sesama manusia merupakan dasar kebersamaan.

Kita harus menghindarkan diri dan sifat pemborosan, bergaya hidup mewah maupun perbuatan yang
merugikan kepentingan umum. Bekerja keras dan menghargai hasil usaha orang lain sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sikap kebersamaan.
Sumber Pustaka: Yudhistira