Variasi Macam Bunga Berdasarkan Kelengkapan Bagiannya

Variasi Macam Bunga Berdasarkan Kelengkapan Bagiannya


Bunga dapat dikelompokkan berdasarkan ke1engkap. bagian bunga atau berdasarkan kelengkapan alat kelamin bunga.

Berdasarkan kelengkapan bagian bunga, yaitu perhiasan bunga dan alat kelamin bunga, bunga dibedakan menjadi bunga Iengkap dan bunga tak lengkap.



Bunga lengkap

Bunga disebut bunga lengkap jika bunga mempunyai kelopak, mahkota, benang sari, dan putik. Contohnya adalah bunga sepatu, tembakau, mawar, melati, dan terung. Bunga lengkap pasti memiliki dua macam alat kelamin. karena itu disebut dengan bunga berkelamin ganda (hermafrodit). Tetapi bunga berkelamin ganda atau berkelamin Iengkap belum tentu bunga lengkap.

Bunga tidak lengkap

Bunga disebut bunga tidak lengkap jika tidak memiliki salah satu atau beberapa bagian bunga baik perhiasan maupun jalat kelamin bunga. Bunga tidak lengkap dibedakan:
  • Perhiasan bunga tidak lengkap, karena tidak memiliki mahkota atau kelopak. Bunga yang tidak memiliki perhiasan bunga disebut dengan bunga telanjang.
  • Alat kelamin tidak lengkap. Jika bunga hanya mempunyai salah satu alat kelamin disebut bunga berkelamin tunggal, terdiri dan bunga jantan dan bunga betina. Contohnya bunga mentimun dan bunga salak. Atau jika bunga tidak memiliki alat kelamin disebut bunga mandul (bunga tidak berkelamin), misalnya bunga pita pada bunga matahari.
  1. Bunga merupakan alat perkembangbiakan generatif tumbuhan biji.
  2. Bagian-bagian bunga yang menentukan lengkap tidaknya bunga: perhiasan bunga (kelopak, mahkota, tenda bunga), dan alat kelamin (benang sari dan putik).
  3. Bunga lengkap pasti bunga hermafrodit. Bunga berkelamin lengkap (hermafrodit) belum tentu bunga lengkap. Bunga tidak Iengkap tidak memiliki salah satu perhiasan bunga atau alat kelamin bunga.
Sumber Pustaka: Erlangga