Variasi Macam Bunga Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin

Variasi Macam Bunga Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin


Ditinjau dan kelengkapan alat Kelamin, bunga dibedakan menjadi:

Bunga sempurna

Bunga disebut bunga sempurna jika mempunyai dua macam alat kelamin, yaitu benang sari dan putik. Perhiasan bunga berupa kelopak dan mahkota bunga tidak selalu haru ada pada bunga sempurna.

Bunga tidak sempurna

Bunga disebut bunga tidak sempurna jika hanya mempunyai salah satu macam alat kelamin. Bunga hanya mempunyai benang sari atau putik.



Pada tumbuhan dengan bunga berjenis kelamin tunggal, bunga jantan dan bunga betina ada yang terdapat pada satu tumbuhan dan ada yang terdapat pada dua tumbuhan. Bila bunga jantan dan bunga betina terdapat pada satu tumbuhan, maka disebut tumbuhan berumah satu (monoesis). Contohnya adalah tumbuhan jagung dan mentimun. Bila bunga jantan dan bunga betina terdapat pada individu tumbuhan yang berlaman, maka disebut tumbuhan berumah dua (diesis). Contohnya adalah tumbuhan salak dan siwalan.

Di samping bagian-bagian bunga yang telah dijelaskan, masih ada bagian lain dari bunga yaitu daun pelindung atau brakte (bractea). Brakte terletak pada bagian luar bunga. Brakte ini melindungi bunga pada waktu masih muda. Beberapa bunga dilindungi oleh kumpulan brakte, misalnya bunga golongan aster. Beberapa bunga dilindungi oleh satu brakte yang besar dan berwama, yang disebut seludang bunga. Tumbuhan yang mempunyai seludang bunga, inisalnya bunga kelompok pisang (kulit jantung pisang) dan palem.

Bunga bugenvil yang sebenarnya adalah berupa tabung kecil yang melekat pada brakte. Pada setiap kelompok bunga bugenvil terdapat tiga bunga dan masing-masing dengan satu daun peinikat. Dengan deinikian brakte berfungsi untuk menarik perhatian serangga penyerbuk.

Pada bunga nusa indah terdapat bagian berwarna cokelat muda, merah tua, atau kuning kehijauan. Bagian yang berwarna-warni itu sebenarnya adalah kelopak.

Bunga tasbih atau bunga kana mempunyai bagian yang berwarna-warni. Bagian yang berwarna-warni mencolok itu bukan perhiasan bunga, melainkan benang sari yang mandul dan berubah bentuk menjadi lembaran seperti mahkota bunga. Kelopak dan mahkota bunga yang sesungguhnya berbentuk kecil, berwarna hijau dan tidak menarik. Benang sarinya hanya satu yang memiliki kepala sari. Benang sari tersebut dekat dengan kepala putik yang berbentuk seperti pedang.
  1. Berdasar kelengkapan alat Kelamin bunga, ada bunga sempurna dan tidak sempurna. Bunga sempurna apabila bunga mempunyal dua macam alat Kelamin yaitu benang sari dan putik. Bunga tidak sempurna bila bunga tidak memiliki salah satu alat Kelamin.
  2. Bunga tanpa perhiasan: bunga telanjang.
  3. Bunga tanpa alat Kelamin: bunga mandul.
Sumber Pustaka: Erlangga