11 Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli

Definisi Kebudayaan Menurut Para Ahli


Masyarakat Indonesia memiliki kepribadian berbeda dengan kepribadian masyarakat Barat. Bagi bangsa Indonesia, nilai budaya yang dianggap baik adalah nilai kebersamaan atau kegotong royongan. Dengan demikian, di Indonesia seseorang dianggap berperilaku baik jika mampu bekerja sama dengan warga masyarakat lain. Namun, di negara Barat nilai dianggap baik atau tinggi, jika nilai individualisme tinggi. Hal ini dapat terlihat ketika seorang individu berusaha mencari orientasi dan jalan hidupnya sendiri, di mana manusia yang sejati adalah manusia yang dapat mencapal suatu hal dengan kemampuannya sendiri.

Dan uralan di atas, jelas bahwa kebudayaan sangat mempengaruhi kepribadian setiap individu. Kepribadian yang nantinya terbentuk pun akan berbeda-beda antara satu dan yang Iainnya sesuai dengan kebudayaan setempat.



Kebudayaan Menurut Para Ahli


Di bawah ini beberapa definisi kebudayaan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut.
  • E.B. Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum dan adat istiadat. Kebudayaan juga merupakan kemampuan serta kebiasaan yang didapat oleh masyarakat sebagai anggota masyarakat.
  • Herskovits
Kebudayaan adalah bagian dan keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dan manusia dengan belajar.
  • Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan merupakan merupakan buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat.
  • Kluckhohn dan Kelly
Kebudayaan adalah semua rancangan hidup yang tercipta secara histonis, baik yang eksplisit maupun implisit, rasional dan irasional, yang ada pada suatu waktu sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.
  • Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dan manusia dengan belajar.
  • Kroeber
Kebudayaan adalah realisasi gerak, kebiasaan, tata cara, gagasan dan nilai-nilai yang dipelajari dan diwariskan. Kebudayaan juga perilaku yang ditimbulkan.
  • M. Jacobs dan Bj. Stern
Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi, sosial, ideologi, religi, kesenian, serta benda (kebudayaan) yang semuanya itu merupakan warisan sosial.
  • Parsudi Suparlan
Kebudayaan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterp retasikan Iingkungan dan pengalamannya serta menjadi landasan bagi terwujudnya perilaku (tingkah laku) manusia. Kebudayaan dalam hal mi dijadikan sebagai mekanisme kontrol bagi kelakuan dan tindakan manusia dan juga sebagai pola bagi perilaku manusia.
  • Ralph Unton
Kebudayaan adalah konfigurasi dan tingkah laku yang dipelajari dan hasil dan tingkah laku yang unsur-unsur penentuannya dimiliki bersama dan dilanjutkan oleh anggota masyarakat tertentu.
  • Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
Kebudayaan merupakan sarana hasil karya, rasa, dan cipta manusia.
  • ProI Takdir Alisyahbana
Kebudayaan adalah manifestasi dan cara berpikir. Bagi Takdir, pengertian kebudayaan amatlah luas, sebab semua tingkah laku dan perbuatan dapat dipulangkan pada hasil dan cara berpikir Perasaan bagi Takdir termasuk pikiran juga.

Dan beberapa definisi kebudayaan tersebut dapat dikatakan bahwa budaya (kebudayaan) berada dalam alam pikiran manusia. Penilaku atau tindakan dan benda-benda hasil ciptaan manusia adalah perwujudan kreasi manusia sebagai makhluk yang berbudaya. Budaya (kebudayaan) digunakan sebagai pedoman atau acuan juga latar belakang tindakan manusia untuk memperjuangkan kelangsungan hidupnya.

Tidak semua yang terdapat dalam kebudayaan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku dan benda-benda. Sebaliknya, tidak semua perilaku dikategorikan sebagai perwujudan budaya. Namun, kebudayaan selalu berhubungan dengan proses berpikir manusia sebelum bertindak dan menciptakan sesuatu yang digunakan. Dengan demikian, kebudayaan diperoleh seseorang melalui proses belajar dalam kehidupan bermasyarakat.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact