9 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli


Berikut ini adalah pengertian kepribadian menurut beberapa ahli.

Allport


Kepribadian adalah organisasi dinamis dari sistem psikofisik (jiwa raga) dalam individu yang turut mentukan cara yang unik (khas) dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya.



Agus Sujanto


Kepribadian adalah suatu totalitas psikis yang kompleks dan individu, sehingga nampak di dalam tingkah lakunya yang unik.

Bruce J. Cohen


Kepribadian merupakan gabungan utuh dan sikap, sifat, emosi dan nilai yang mempengaruhi seseorang agar berbuat sesuai dengan tata cara yang diharapkan.

Cuber


Kepribadian merupakan gabu ngan keseluruhan dan ciri-cini (sifat-sifat) yang tampak dan dapat dilihat pada seseorang.

James Drever


Kepribadian adalah kesatuan susunan yang dinamis dan kualitas fisik, mental, moral dan sosial dan individu yang juga nampak pada orang lain dalam kehidupan masyarakat yang saling memberi dan menerima. Dalam analisis yang lebih jauh, hal mi akan Nampak terutama dan impuls-impuls kebiasaan, tingkah laku, minat, perasaan, cita-cita, pendapat, dan kepercayaan seperti yang nampak dalam hubungannya dengan lingkungan pergaulan sosial.

Soerjono Soekanto


Keseluruhan dan pola interaksi, nilai, pola benpikir, sikap, norma, dan perilaku manusia

Koentjaraningrat


Kepribadian berarti ciri-ciri watak seorang individu yang konsisten, yang membenikan kepadanya suatu identitas sebagal individu yang khusus.

Roucek dan Warren


Kepribadian adalah organisasi faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari perilaku individu.

Theodore N. Newcomb


Kepribad ian merupakan. organ isasi dan sikap-si kap (predispositions) yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.

Jadi, berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa kepribadian adalah keselunuhan tingkah laku, nilai, pola berpikir yang .dinamis dan terintegrasi senta bersifat unik (khas) yang berhubungan dengan perbuatan-perbuatan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya di mana Ia tinggal dan dipengaruhi.
SumberPustaka: Ganeca Exact