Cara Mengubah Skala Peta (Skala Angka, Verba, Grafik)

Mengubah Skala Peta


Kita tidak mungkin menggambarkan kenampakan permukaan bumi pada peta dengan ukuran yang sama seperti keadaan yang sesungguhnya. Untuk itu, peta dibuat dengan menggunakan perbandingan yang sama pada seluruh kenampakan peta. Misalnya, jalan dengan panjaiig 5 km digambarkan pada peta dengan panjang 5 cm. mi berarti 1km jalan tersebut digambarkan 1 cm pada peta. Dengan kata lain, 1 cm pada peta sama dengan 1 km di permukaan bumi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa skala peta tersebut adalah sebagai berikut.



1cm :1km
1cm :100.000cm
1 : 100.000

Oleh karena itu, bila kamu hendak mengetahui jarak suatu temp at dengan tempat lainnya pada peta maka lihatlah skalanya! Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya pada permukaan bumi yang digambarkan. Berdasarkan cara pen.ulisannya, kita mengenal tiga macam skala peta, yaitu skala angka (numeric scale), skala verbal (verbal scale), dan skala grafik (graphic scale).

Skala Angka (Numeric Scale)


Skala angka menunjukkan perbandingan jarak di peta dengan di lapangan yang dinyatakan dengan angka. Skala angka yang dinyatakan dalam bentuk pecahan disebut skala pecahan (representative fraction).
  • Contoh Skala Angka
Skala 1: 50.000, artinya jarak satu satuan yang tergambar pada peta sama dengan 50.000 satuan di permukaan bumi. Berarti 1 cm di peta mewakili 50.000 cm di lapangan atau 1 inchi pada peta mewakili 50.000 inchi di lapangan. Jadi, keadaan yang sebenamya di lapangan adalah 50.000 kali lebih besar dan pada objek yang ada pada peta. Misalnya, jarak antara kota A dan B pada sebuah peta yang berskala 1 : 50.000 adalah 20 cm. Jarak sesungguhnya antara kota A dan B adalah

= 20 cm x 50.000
= 1.000.000 cm
= 10 km
  • Contoh Skala Pecahan
Skala 1:100.000 artinya jarak satu satuan yang tergambar pada peta sama dengan 100.000 satuan di permukaan bumi

Skala Verbal (Verbal Scale)


Skala verbal adalah skala yang dinyatakan dengan kalimat atau secara verbal. Skala ini sering terdapat pada peta-peta yang tidak menggunakan satuan pengukuran metrik, seperti peta-peta di Inggris.

Contoh skala verbal adalah

1 inchi tol mile, artinya 1 mci pada peta menyatakan jarak I mu di lapangan. Apabila 1 mil = 63.360 inci maka skala tersebut bila dinyatakan dalam skala angka menjadi 1: 63.360.

Skala Grafik (Graphic Scale)


Skala grafik ditunjukkan oleh garis lurus yang dibagi dalam beberapa ruas, dan setiap ruas menunjukkan satuan panjang yang sama. Contoh:

Skala di atas menvatakan bahwa satu bagian garis mewakili 5 km. Jadi, 1 cm pada peta panjangnva sama dengan 5 km di lapangan.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact