Ciri-Ciri Atau Karakteristik Hewan

Ciri-Ciri Atau Karakteristik Hewan


Manusia cenderung menampilkan ciri-ciri sebagai hewan. Oleh karena itu, kebanyakan dan kalian dapat dengan mudah membedakan hewan dan tumbuhan. Sebagai perbandingandengan tumbuhan, kebanyakan hewan dapat bergerak dalam jarak yang cukup jauh, memakan makhluk hidup yang dimangsa, dan memiliki tubuh yang lunak. Energi kehidupan bagi hewan disuplai dan makanan yang dimakannya melalui proses biokimia respirasi, bukan fotosintesis seperti halnya tumbuhan.

Hewan merupakan makhluk hidup yang mampu beradaptasi di berbagai lingkungan. Mereka dapat hidup di laut, air tawar, kutub, dan padang pasir (gurun). Hewan ada yang memakan hewan lainnya, ada yang parasit ada yang mernakan tumbuhan dan hewan, dan ada juga yang hanyarnemak tumbuhan saja. Mereka menampilkan struktur, peran, dan aktivitas yang bervariasi. Mereka dapat ditemukan dalam ukuran, warna, dan bentuk tubuh yang mengagumkan.



Untuk lebih mengenal hewan, ada baiknya kalian pahami juga tentang ciri-ciri umum hewan. Berikut ini beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh hewan.
  1. Hewan merupakan makhluk hidup eukariot multiseluler (kelompok hewan metazoa).
  2. Kegiatan fotosintesis. Mereka termasuk makhluk hidup heterotrofik dan memperolehenergi dengan cara memakan makhluk hidup lain.
  3. Hewan secara khas bereproduksi secaraseksual.
  4. Sel hewan tidak memthki dndmg el
  5. Hewan biasanya mampu merespons dengan cepttehadap rangsang dan luar. Kemampuan tersebut merupakan hasil aktivitas sel saraf, otot (jaringan kontraktil), atau keduanya.
  6. Hewanmerupakanmakh1ukhipjang motil (aktif bergerak) selama tahap tertentu dalam si1his hidupnya. Hewan yang diam (stasioner) sekalipun, misalnya hewan spons, memiliki tahap motil berupa larva yang berenang.
Sumber Pustaka: Yudhistira