Ciri-Ciri Umum Filum Arthropoda Dan Contohnya

Ciri-Ciri Umum Filum Arthropoda


Arthropoda berasal dan kata nrthros = sendi atau ruas dan podos = kaki. Jadi, arthropoda adalah hewan yang memiliki kaki yang bersendi/beruas-ruas. Arthropoda merupakan filum terbesar dan kingdom Animal karena filum ini memiliki jumlah spesies yang lebih banyak daripada filum lainnya. Arthropoda dapat ditemukan di mana-mana, antara lain di air, di darat, di dalam tanah, dan ada juga yang hidup sebagai parasit pada hewan dan tumbuhan.

Arthropoda merupakan hewan triploblastik selomata. Hewan ini memiliki tubuh dan kaki beruas-ruas. Tubuhnya terdiri atas kepala, dada, dan abdomen serta bilateral simetris. Tubuh dibungkus oleh zat kitin sehingga merupakan kerangka luar (eksoskeleton). Biasanya ruas-ruas terdapat bagian yang tidak berkitin sehingga ruas-ruas tersebut mudah digerakkan. Pada waktu tertentu kulit dan tubuh arthropoda dapat merigalami pergantian kulit atau memiliki eksdisis.



Arthropoda memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Mulut sudah dilengkapi dengan rahang serta memiliki anus. Sistem peredaran darahnya terbuka dan darahnya berwarna biru. Warna darah demikian disebabkan oleh hemosianin. Sistem pernapasannya ada yang berupa trakea, insang, paru-paru buku, dan melalui seluruh permukaan tubuhnya.

Sistem ekskresi hewan ini berupa saluran malfigi yang bermuara pada usus. Reproduksi dilakukan dengan perkawinan, tetapi ada juga beberapa hewan yang melakukan partenogenesis. Jenis kelaminnya berupa gonokoris. Sistem sarafnya berupa tangga tali.
Sumber Pustaka: Yudhistira