Definisi Keserasian Pembangunan Antarkota Dalam Geografi

Definisi Keserasian Pembangunan Antarkota



Keserasian pembangunan kota dengan pembangunan pedesaan sekitarnya sangat penting. Demikian pula keserasian pembangunan antarkota dan peningkatan pembangunan di setiap kota juga perlu mendapat perhatian. Keserasian pembangunan antara kota satu dan kota yang lain bertujuan untuk mengurangi perbedaan pendapatan dan perbedaan tingkat biaya hidup antarkota. Selain itu, juga bertujuan agar kegiatan produksi dan distribusi barang maupun jasa tidak hanya memusat di beberapa kota besar.

Peningkatan pembangunan di setiap kota diusahakan dengan cara perbaikan dan pemeliharaan lingkungan hidup, peningkatan kemampuan aparat pemerintah, dan pengelola tanah perkotaan.



Dalam penataan lingkungan, kawasan perindustrian ditempatkan pada lokasi yang tepat agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Pembangunan perumahan murah digalakkanagar dapat dijangkau oleh masyarakat yang tidak mampu, sehingga terhindar munculnya daerah kumuh. Kemudian, disediakan juga tempat pembuangan sampah dan saluran air, serta dimasyarakatkan kebersihan lingkungan dan penghijauan (jalur hijau).

Sedangkan dalam hubungannya dengan peningkatan kemampuan aparat pemerintah kota dan pengelolaan tanah perkotaan, dilaksanakan program tata guna tanah, tata kota, dan tata agraria. Peningkatan kemampuan aparat pemerintah kota dalam mengelola administrasi, keuangan, keahlian lainnya melalui penataran, dan latihan.
Sumber Pustaka: Regina