Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi



Keputusan seseorang untuk melakukan migrasi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor-faktor yang terdapat di daerah asal, faktor-faktor yang terdapat di daerah tujuan, faktor-faktor yang terdapat di perjalanan, dan faktor-faktor pribadi.

Faktor-faktor yang terdapat di daerah asal


Faktor-faktor yang terdapat di daerah asal dapat mempengaruhi keputusari seseorang untuk pindah ke daerah lain. Faktor-faktor tersebut dijadikan bahan pertimbangan apakah seseorang harus meninggalkan daerahnya atau tidak. Misalnya, ketika kamu akan melanjutkan sekolah ke SMU. Di daerah asalmu belum terdapat sekolah setingkat SMU. Dengan pertimbangan untuk melanjutkan sekolah, kamu akan meninggalkan daerahmu untuk pindah ke daerah lain di mana SMU itu berada. Contoh lain, di daerah yang terkena bencana longsor. Bencana tersebut menyebabkan kerusakan yang hebat. Akibatnya, penduduk di daerah tersebut harus dipindahkan.



Beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan untuk meninggalkan daerah asal antara lain sebagai berikut. Terjadi bencana di daerah asal. Misalnya banjir, kelaparan, longsor, dan gagal panen.
  • Berkurangnya lahan pekerjaan di daerah asal. Akibatnya banyak penduduk yang pergi mencari pekerjaan di daerah lain.
  • Terbatasnya fasilitas sosial seperti fasilitas pendidikan, rekreasi, dan kesehatari di daerah asal.
  • Pelanggaran terhadap ketentuan adat istiadat daerah asal atau secara politis diusir. Akibatnya, warga yang bersangkutan harus meninggalkan daerah asal.

Faktor-faktor yang terdapat di daerah tujuan


Keputusan seseorang untuk melakukan migrasi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terdapat di daerah tujuan. Misalnya, ayahmu mendapatkan promosi jabatan yang lebih baik di tempat lain. Keluargamu akan mempertimbangkan untuk melakukan migrasi ke daerah lain di mana jabatan itu diberikan. Contoh lain, kakakmu akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi favorit yang ada di daerah tujuan. Kakakmu akan mempertimbangkan untuk melakukan migrasi menuju daerah tujuan tersebut.

Dengan demikian, beberapa hal yang terdapat di daerah tujuan yang dapat mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan migrasi ke daerah tujuan antara lain adalah:
  1. memiliki fasilitas yang lebih baik daripada daerah asal;
  2. memiliki harapan untuk hidup lebih baik daripada di daerah asal;
  3. lebih terjamin keamananannya dibandingkan dengan daerah asal;
  4. memiliki pilihan pekerjaan yang lebih banyak dan lebih menjanjikan dibandingkan dengan daerah asal.

Faktor-faktor yang terdapat di perjalanan


Faktor-faktor yang terdapat di perjalanan juga menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan migrasi. Jika untuk mencapai daerah tujuan terdapat rintangan yang cukup sulit, maka seseorang akan mempertimbangkan kepindahannya ke daerah tujuan. Beberapa faktor yang terdapat di perjalanan yang dapat mempengaruhi keputusan untuk melakukan migrasi antara lain sebagai berikut.
  1. Rintangan alam yang cukup sulit untuk dilalui. Misalnya laut, sungai besar, hutan lebat, pegunungan tinggi, dan tebing jurang.
  2. Faktor keamanan. Semakin terjamin keamanan di perjalanan, maka semakin tinggi pertimbangan untuk pindah ke tempat tujuan. Sebaliknya, jika di peijalanan tidak aman, maka seseorang akan mempertimbangkan untuk tetap tinggal di daerahnya.
  3. Sarana dan prasarana transportasi. Jika sarana transportasi memadai maka akan mudah bagi seseorang memutuskan untuk melakukan migrasi.
  4. Faktor politik yang menghambat seseorang menuju ke daerah tujuan. Misalnya, ada larangan bagi penduduk suatu negara untuk mengunjungi negara tertentu. Selain itu, ada pembatasan yang ketat untuk memasuki negara tujuan bagi para pendatang.
  5. Jarak yang ditempuh menuju daerah tujuan. Jika daerah tujuan itu dekat maka pertimbangan untuk pindah akan lebih mudah dibandingkan dengan jika daerah tujuan tersebut jauh.

Faktor-faktor pribadi


Faktor-faktor pribadi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan migrasi. Faktor pribadi yang mempengaruhi antara lain hal-hal yang berhubungan dengan kepribadian seseorang, ikatan keluarga, dan kenangan akan daerah asal. Seseorang yang memutuskan untuk pindah ke tempat lain,tentu saja akan mempertimbangkan untuk membawa seluruh keluarganya atau tidak. Contoh lain, seseorang yang terikat dengan perkawinan dengan orang yang berasal dan daerah lain. Ta akan mempertimbangkan untuk melakukan migrasi ke tempat pasangannya. Beberapa faktor pribadi yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan untuk melakukan migrasi, antara lain sebagai berikut.
  1. Pengetahuan dan kesadaran seseorang tentang keadaan daerah tujuan.
  2. Ikatan batin terhadap daerah asal. Ikatan tersebut akan mempengaruhi pertimbangan seseorang untuk pindah ke tempat lain.
  3. Jumlah keluarga. Semakin kecil jumlah anggota keluarga, semakin mudah seseorang untuk memutuskan melakukan migrasi dibandingkan dengan jumlah anggota yang lebih besar.
  4. Perasaan tidak adil. terkucilkan, atau korban kejahatan di daerah asal akan termotivasi bermigrasi ke daerah lain.
Sumber Pustaka: ESIS