Faktor Yang Mempengaruhi Kehidupan Ekonomi Di Kawasan Afrika Bagian Selatan

Faktor Yang Mempengaruhi Kehidupan Ekonomi Di Kawasan Afrika Bagian Selatan



Faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan  dan sistem ekonomi kawasan Afrika Bagian Selatan adalah sebagai berikut.



  1. Daerahnya luas, berupa plato, reliefnya bergunung-gunung, pantainya berlekuk-lekuk dan tidak meiniliki landasan benua, sehingga sulit untuk pendaratan kapal. Hal ini mengakibatkan orang/bangsa luar negeri tidak intensif menggarap perdagangan melalui pelabuhan.
  2. Kawasan Afrika Selatan merupakan daerah pertanian yang miskin karena tanahnya kurang subur dan serrng mengalami kekeringan karena curah hujannya rendah. Hanya 12% lahan digunakan untuk pertanian dan 65% hanya berfungsi sebagai tempat penggembalaan ternak.
  3. Hasil inineral cukup hanvak antara lain emas, batu bara, tembaga, bijih besi, krom, mangaan, perak, platina, dan uranium sehingga dapat menunjang perkembangan sektor perindustrian. Hal ini terbukti pada tahun 1986/1987 terjadi kemajuan pesat dalam industri kimia, mesin, baja, dan industri logam lainnya.
  4. Kehidupan perekonomian Afrika Selatan banyak tergantung dan perdagangan luar negeri, yakni dengan kegiatan ekspor dan impor.
  5. Pertambahan penduduk yang tinggi dan masih adanya sisa-sisa pertikaian penduduk akibat politik apartheid. Politik apartheid itu menyebabkan terkucilnya orang kulit hitam dan kehidupan politik negara. Selain itu, adanya pengkhususan wilayah tertentu untuk orang kulit hitam menjadi ganjalan dalam negeri dalam membangun perekonomian.
Sumber Pustaka: Erlangga