Fenomena Sosial Di Lingkungan Setempat Pada Sosiologi

Fenomena Sosial Di Lingkungan Setempat Pada Sosiologi


Pernahkah kamu bekerja bakti? Tentu pernah, mungkin kamu melakukan kerja bakti di lingkungan tempat tinggalmu atau di sekolah. Inisalnya, untuk membersihkan kelasmu, kamu dan teman-temanmu akan bekerja bakti agar pekerjaan yang dilakukan pun cepat selesai dengan hash yang memuaskan.



Kerja bakti adalah suatu aktivitas pengerahan tenaga secara suka rela, dan sering disebut dengan gotong royong. Gotong royong adalah pengerahan tenaga tanpa bayaran untuk suatu proyek yang bermanfaat (untuk pemerintah). Sistem ini berasal dan zaman kerajaan kuno, di mana proyek-proyek pembangunan diperuntukkan bagi raja, bagi agama atau bagi kerajaan.

Di zaman penjajahan, sistem kerja bakti dipergunakan untuk proyek-proyek pemerintah kolonial. Pada zaman kemerdekaan sistem kerja bakti digunakan secara leluasa dalam pembangunan. Kerja bakti merupakan fenomena sosial yang dapat kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari. Gotong royong masih semarak pada masyarakat desa, sedangkan pada masyarakat perkotaan sudah agak mundur.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact