Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Melakukan Demonstrasi Atau Unjuk Rasa

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Melakukan Demonstrasi Atau Unjuk Rasa



Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan unjuk raja ialah:



  1. apakah tuntutan yang hendak diajukan dalam demonstrasi itu sudah dipersiapkan secara matang. Dengan kata lain, apakah konsep tuntutannya sudah dirumuskan secara jelas dan tegas.
  2. apakah tuntutan itu sudah mewakili kepentingan semua kelompok. Hal ini penting diperhatikan mengingat tidak sedikit tuntutan yang diajukan dalam berbagai demonstrasi atau unjuk rasa tidak mewakili kepentingan semua pihak yang terlibat, melainkan hanya untuk kepentingan segelintir orang saja.
  3. tuntutan yang diajukan tidak boleh ditunggangi oleh kepentingan-kepentingan orang lain yang tidak bertanggung jawab. Jika ternyata ditunggangi oleh kepentingan pihak lain, maka tuntutan itu tidak bersifat murni lagi. Oleh karena itu, maka sangat penting bagi pihak yang akan melakukan demonstrasi untuk menjaga kemurnian tuntutannya agar tidak disentuh oleh kepentingan orang lain yang tidak bertanggung jawab.
  4. demonstrasi yang dilakukan harus dilakukan dengan memperhatikan keamanan dan ketertiban masyarakat secara umum. Para demonstran sangat tidak diperbolehkan bertindak secara brutal, arogan, dan sporadis, yang jelas-jelas mengarah kepada tindakan anarkis.
  5. mengutamakan pendekatan-pendekatan dialog, yaitu membicarakan bersama secara musyawarah untuk menyelesaikan perkara yang terjadi antara pihak demonstran dengan pihak yang dituntut.
  6. bekerjasama dengan aparat keamanan dalam melakukan demonstrasi tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, inisalnya jatuhnya korban jiwa akibat bentrokan dengan aparat keamanan.
  7. tidak melakukan tindal├žan vandalisme, yaitu merusak segala fasilitas umum yang tersedia. apabila hal ini dilakukan maka akan sangat merugikan kepentingan masyarakat luas.
Sumber Pustaka: Erlangga