Karakteristik Umum Negara Maju

Karakteristik Umum Negara Maju


Suatu negara dapat dikatakan maju apabila negara tersebut telah berhasil dalam bidang pembangunan. Keberhasilan mi dipengaruhi oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu mengolah sumber daya alam yang ada dengan menggunakan teknologi tinggi secara maksimal.

Kemajuan suatu negara juga tidak lepas dan adanya sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang dimiliki oleh negara tersebut sehingga mampu berproduksi secara optimal. Akhirnya, SDM tersebut akan dapat memacu pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.



Karakteristik lain negara maju adalah dengan adanya industrialisasi sehingga pengangguran semakin kecil, produksi semakin meningkat, dan pertumbuhan ekonomi semakin tinggi.

Beberapa ciri-ciri negara maju dapat dilihat dan beberapa sektor berikut.

Bidang Ekonomi

  1. Pendapatan negara kebanyakan dihasilkan dan bidang industri.
  2. Pendapatan per kapita negara tersebut tinggi.

Bidang Kependudukan dan Sosial

  1. Pertumbuhan penduduk per tahun rata-rata kecil.
  2. Mayoritas penduduk tinggal di kota.
  3. Angka kematian penduduk per tahun kecil.
  4. Tingkat pendidikan penduduk rata-rata tinggi.
Negara yang sudah maju pada umumnya telah dapat mengatasi semua masalah kependudukan sehingga terlepas dan keterbelakangan dan kemiskinan. Oleh sebab itu, untuk menjadi negara maju, suatu negara perlu melakukan beberapa usaha berikut.
  1. Memperluas lapangan pekerjaan melaluj industrialjsasj.
  2. Meningkatkan semangat kerja dan SDM yang tinggi, produktif, tekun, ulet, dan disiplin.
  3. Meningkatkan pendidikan dan penguasaan teknologi, sehingga dapat bersaing dalam peluang kerja.
Bila ketiga faktor tersebut telah dapat dikuasai oleh sebuah negara maka pertumbuhan ekonomi negara tersebut menjadi meningkat, tenaga kerja dapat terserap, pendapatan penduduk semakin tinggi, dan pembangiman berhasil sehingga terbentuklah sebuah negara maju.
Sumber Pustaka: Yudhistira