Keadilan Dan Kebenaran Dalam Bidang Ekonomi

Keadilan Dan Kebenaran Dalam Bidang Ekonomi



  1. Mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan dengan prinsip persaingan sehat dengan tetap memperhatikan pertumbuhan ekonomi, nilai-nilai keadilan, kepentingan sosial, kualitas hklup, pembangunan berwawasan lingkungan, dan berkelanjutan sehingga terjamin kesempatan yang sama dalam berusaha dan bekerja, perlindungan hak-hak konsumen, serta perlakuan yang adil bagi seluruh masyarakat.
  2. Mengembangkan persaingan yang sehat dan adil serta menghindarkan terjadinya struktur pasar monopolistik dan berbagai struktur pasar yang distorsif dan merugikan masyarakat.
  3. Mengoptimalkan peranan pemerintah dalam mengoreksi ketidaksempurnaan pasar dengan menghilangkan seluruh hambatan yang mengganggu mekanisme pasar, melalui regulasi, layanan publik, subsidi, dan insentif yang dilakukan secara transparan clan diatur dengan undang-undang. 
  4. Mengupayakan kehidupan yang layak berdasarkan atas kemanusiaan yang adil bagi masyarakat, terutama bagi fakir miskin dan anak-anak telantar, dengan mengembangkan sistem dana jaminan sosial melalui program pemerintah serta menumbuh-kembangkan usaha dan kreativitas masyarakat, sedang pendistribusiannya dilakukan melalui birokrasi yang efektif dan efisien serta ditetapkan dengan undang-undang.
Sumber Pustaka: Yudhistira