Kegunaan Sosiologi Dalam Masalah Sosial Dan Pembangunan

Kegunaan Sosiologi Dalam Masalah Sosial Dan Pembangunan


Sosiologi mempunyai kegunaan dalam menemukan sebab terjadinya masalah sosial dan dalam tahap pembangunan.

Dalam Menemukan Sebab Terjadinya Masalah Sosial


Sesuai dengan objek kajiannya, sosiologi terutama meneliti gejala-gejala dalam masyarakat, seperti norma-norma, kelompok sosial, lapisan masyarakat, lembaga-lembaga kemasyarakatan, proses sosial, perubahan sosial dan kebudayaan, serta perwujudannya. Tetapi di dalam masyarakat, gejala-gejala tersebut sebagian ada yang berlangsung tidak dengan semestinya atau tidak normal. Gejala-gejala yang tidak normal tersebut dinamakan sebagai masalah sosial. Sosiologi dalam hal mi bermanfaat dalam hal menyoroti masalah masalah sosial walaupun sebenarnya sosiologi juga bermanfaat bagi bidang-bidang lain, misalnya pemerintahan, pendidikan juga industri.



Dalam sosiologi, untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi seperti kemiskinan, kejahatan, perpecahan dalam keluarga, masalah yang terjadi pada generasi muda, alkoholisme bahkan pelacuran, diperlukan suatu perencanaan sosial yang baik. Untuk itu, terlebih dahulu perlu dilihat lagi masalah-masalah sosial seperti apakah yang sebenarnya dihadapi.

Sosiologi berusaha mempelajari masalah-masalah sosial tersebut dengan tujuan untuk menemukan sebab terjadinya masalah tersebut, tetapi tidak terlalu menekankan pada pemecahan atau jalan keluar dan masalah tersebut. Dengan penelitan yang dilakukan, akan diperoleh data yang kemudian digunakan untuk merencanakan kebijakan yang menyangkut masyarakat.

Dalam Tahap Pembangunan


Suatu penelitian yang dilakukan pada dasarnya bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran yang sejalan dengan hasrat atau keinginan manusia untuk mengetahui apa yang dihadapinya dalam kehidupan. Selain itu, penelitian juga merupakan saran bagi masyarakat untuk mernecahkan berbagai masalah yang dihadapi.

Penelitian dalam sosiologi sendiri merupakan proses pengungkapan kebenaran dengan menggunakan konsep-konsep dasar seperti interaksi sosial, kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, lapisan sosial, kekuasaan, dan wewenang, perubahan-perubahan sosial, dan masalah sosial. Hasil penelitian sosiologi nantinya dapat dimanfaatkan oleh ilmui lmu sosial lainnya, karena penelitian sosiologi banyak memusatkan perhatian pada masyarakat.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact