Kesatuan Berbangsa Dan Bertanah Air Yang Berlandaskan Pancasila Sebagai Ideologi

Kesatuan Berbangsa Dan Bertanah Air Yang Berlandaskan Pancasila Sebagai Ideologi


Jika kita mengingat letak dan posisi Indonesia di antara dua benua dan dua samudera. Kesatuan wilayah Indonesia memegang peranan yang cukup penting. Hal ini penting karena posisi Indonesia tersebut ingin dikuasai dunia. Untuk menghadapi keinginan ini kita membutuhkan persatuan yang kuat.

Pengaruh dunia begitu luas dalam kehidupan kita dewasa ini Tenth selain memberikan dampak yang positif, pengaruh dunia dapat berbahaya bagi kehidupan Indonesia. Dampak negatifnya antara lain dapat meretakkan kesatuan Indonesia dan memecah belahnya. Jika ini terjadi kelestarian hidup bangsa Indonesia terancam. Hal ini telah disadari oleh bangsa Indonesia. Dalam GBHN 1999 dikatakan sebagai berikut.



Sekalipun seluruh rakyat dan pen yelenggara negara serta segenap potensi bangsa telah berusaha menegakkan dan melestarikan Negara Kesatuan Republik Indonesia, namun masih ada ancaman, hambatan, dan gangguan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Rep ublik Indonesia. Konflik sosial dan menguatnya gejala disintegrasi di berbagai daerah seperti di Maluku merupakan gangguan bagi keutuhan Negara Kesatuan Rep ublik Indonesia yang kalau tidak segera ditanggulangi akan dapat men gancam keberadaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Khusus hagi Daerah Istimewa Aceh dan Irian Jaya hal-hal tersebut lebih merupakan ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah pusat yang perlu segera dikoreksi dengan cepat dan tepat.

Selain itu, dalam pendahuluan GHBN 1999, dinyatakan bahwa:

Pembangunan yang terpusat dan tidak merata yang dilaksanakan sela?na ini tern yata hanya mengutamakan pertumbuhan ekonoini serta tidak diimbangi kehidu pan sosial, politik, ekonoini yang demokratis dan herkeadilan. Fundamental pemb angunan ekonoini yang rapuh, pen yelenggaraan negara yang sangat birokratis dan cenderung korup, serta tidak demokratis telah men yebabkan krisis moneter dan ekonoini, yang nyaris berlanlut dengan krisis moral yang memprihatinkan. Hal tersebut kemudian men jadi pen yebab timbulnya krisis nasional yang berkepanjangan, telah membahayakan persatuan dan kesatuan mengancam kelangsungan kehidu pan bangsa dan negara. Kesatuan bangsa Indonesia dapat dipertaharikan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan Landasan Pancasila. Peranan Pancasila dalam kehidupan antara lain sebagai berikut.

  1. Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia yang sangat asasi denii kekokohan dan kelestarian hidupnya. Pancasila dapat mempersatukan kita, dan dapat memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin meskipun masyarakat kita beraneka ragam sifatnya.
  2. Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan sumber dan segala sumber hukum yang berlaku di negara Indonesia.
  3. Pancasila merupakan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, karena member corak yang khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Memang terdapat kemungkinan, bahwa tiap-tiap sila secara terlepas dan yang lain bersifat universal, yang mungkin juga diiniliki bangsa lain di dunia in akan tetapi sila yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisah-pisah itulah yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.
  4. Pancasila merupakan tujuan yang akan dicapai bangsa Indonesia, yakni suatu masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu dan berkedaulatan rakyat dalam suasana kehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib dan dinainis serta dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat tertib dan damai.
  5. Pancasila merupakan perjanjian luhur rakyat Indonesia. Pancasila telah disetujui oleh wakil-wakil rakyat Indonesia menjelang dan sesudah prokiamasi kemerdekaan yang kita junjung tinggi, bukan sekedar karena ditemukan kembali dan kandungan kepribadian dan cita-cita bangsa Indonesia yang terpendam sejak berabad-abad yang lalu, melainkan kebenarannya setelah diuji oleh sejarah perjuangan bangsa.
Sumber Pustaka: Erlangga