Konsep Tentang Realitas Budaya Pada Masyarakat Dan Sistem Sosial

Konsep Tentang Realitas Budaya Pada Masyarakat Dan Sistem Sosial


Objek sosiologi adalah masyarakat (society) dilihat dari sudut hubungan antara manusia dan proses yang timbul dan hubungan manusia di dalam masyarakat. Untuk memahami konsep ini biasanya orang akan mengaitkan dengan tempat tinggal, misalnya masyarakat di desa atau masyarakat di kota. Unsur-unsur dalam masyarakat mencakup hal-hal berikut ini.
  1. Manusia bukan hidup sendiri-sendiri tetapi hidup bersama.
  2. Setiap individu sadar bahwa mereka adalah suatu kesatuan.
  3. Masyarakat hidup bersama.
  4. Bercampur untuk jangka hidup waktu yang lama.


Dilihat dan unsur-unsur di atas dapat diberikan sebuah contoh. Keluarga merupakan masyarakat yang paling kecil yang terdiri dan suami dan istri, di mana ada sistem interaksi yang mengatur hubungan di antara mereka dan ada pembagian kerja yang biasanya disesuaikan dengan adat setempat.

Sistem Sosial

Untuk memahami sistem sosial, coba kamu perhatikan contoh berikut ini! Menjelang tanggal 17 Agustus, di desa-desa biasanya diadakan berbagai lomba atau pertandingan. Sore itu, di desa X diadakan pentandingan sepak bola antara kesebelasan RT 05 melawan kesebelasan RT 06. Kesebelasan-kesebelasan ini merupakan suatu sistem, dan masing-masing kesebelasan tersebut memiliki fungsi untuk mempertahankan din agar tidak kalah. Dan gerak para pemainnya dapat dibedakan mana kesebelasan RT 05 dan mana yang kesebelasan RT 06.

Hal yang paling mudah membedakan antara kedua kesebelasan adalah seragam yang dikenakan. Dengan adanya perbedaan ini mereka lebih mudah berinteraksi, memahaini fungsi masing-masing dan mampu menjalin kerja sama yang erat antara satu dan yang lainnya.

Dan gambaran di atas dapatlah dikatakan bahwa sistem sosial adalah sejumlah kegiatan atau sejumlah orang yang hubungannya timbal balik kurang lebih bersifat konstan. Orang dan kegiatan di sini disebut elemen. Jika elemen-elemen ini menjalankan fungsinya dengan balk, akan muncul integrasi yaitu suatu keadaan jika semua bagiandan sistem sosial mempunyai hubungan timbal balik yang sesuai dan akhirnya membentuk keseluruhan.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact