Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Di Bumi

Manfaat Atmosfer Bagi Kehidupan Di Bumi


Tanpa atmosfer tidak akan ada kehidupan di muka bumi. Mengapa? Atmosfer merupakan salah satu pendukung utama kehidupan. Ada beberapa fungsi atmosfer, yaitu sebagai benikut.


  1. Menjaga agar suhu di bumi tetap hangat. Pada siang hari, atmosfer menyerap dan memantulkan sebagian besar sinar matahari sehingga suhu di bumi tidak terlalu panas. Sebaliknya, pada malam han atmosfer berfungsi sebagai selimut, yaitu menghalangi pelepasan panas yang diterima bumi dan matahari. Oleh karena itu, amplitudo suhu di bumi antara siang dan malam han tidak terlalu besar.
  2. Melindungi bumi terhadap benda-benda dan luar angkasa (meteor) yang jatuh ke bumi. Meteor akan hancur di atmosfer sebelum sampai ke permukaan bumi karena bergesekari dengan udara.
  3. Atmosfer berfungsi sebagai filter terhadap pancaran sinar matahari yang bergelombang pendek. Seperti sinar alpha, sinar gamma, sinar beta, dan sinar ultraviolet. Sinar-sinar tersebut merIpunvai daya tembus sangat besar sehingga sangat berbahava bagi kehidupan di bumi.
  4. Menyediakan gas-gas yang penting bagi kehidupan di bumi, seperti gas oksigen dan karbondioksida.
  5. Atmosfer membawa perubahan di permukaan bumi, seperti terjadinya angin, awan, curah hujan, siklus air, dan berbagai unsur fisik lain di bumi.
  6. Ionoser merupakan salah satu lapisan atmosfer yang berfungsi memabtulkan gelombang radio. Dengan adanya lapisan ini, isaran radio dari sebuah stasiun pemancar dapat diterima oleh radio dari sebuah stasiun pemancar dapat diterima radio pemerima, walupun jeraknya sangat jauh.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact