Mematuhi Dan Menegakan Hukum Di Indonesia

Mematuhi Dan Menegakan Hukum Di Indonesia



Negara kita adalah negara hukum. Oleh karena itu, hukum sangat penting bagi kita semua. Hukum harus kita ketahui, hayati, dan kita pakai sebagai pedoman bertingkah laku. Hukum mengatur hidup kita tenteram. Hukum mengatur dan melindungi hak dan kewajiban kita. Karena hukum penting bagi kita semua, kita wajib menghormati dan mematuhi hukum. Sehubungan dengan itu, kita berkewajiban pula menegakkan hukum.

Meskipun kita berkewajiban meneg akkan hukum, tetapi kita tidak boleh main hakim sendiri. Hal itu disebabkan penegakan hukum harus dilakukan secara tertib. Kita tidak boleh bertindak sendiri, tetapi harus melalui petugas yang diberi wewenang oleh negara. Negara memberi wewenang secara khusus untuk menegakkan hukum kepada polisi, jaksa, hakim, dan orang yang mendapat izin memberi bantuan hukum, seperti pengacara atau penasihat hukum. Mereka disebut penegak hukum.



Tugas kita dalam penegakan hukum adalah membantu para penegak hukum dalam melindungi hak dan kewajiban kita. Cara kita membantu para penegak hukum adalah segera melaporkan kepada polisi apabila kita mengetahui terjadinya suatu kejahatan. Selain itu, kitajuga dapat diminta keterangan sebagai saksi. Jika kita menjadi saksi maka kita hams memberikan keterangan yang benar seperti yang kita lihat, dengar, dan ketahui. Janganlah menambahkan atau mengurangi keterangan tersebut. 

Dengan menghindari main hakim sendiri dan berusaha membantu para penegak hukum, kita telah melangkah ke arah tindakan mematuhi dan menegakkan hukum.
Sumber Pustaka: Tiga Serangkai