Memperbesar Dan Memperkecil Peta Dengan Bantuan Garis-Garis Koordinat

Memperbesar Dan Memperkecil Peta Dengan Bantuan Garis-Garis Koordinat


Ada kalanya kita membutuhkan peta dengan skala yang lebih besar atau lebih kecil dan peta yang kita miliki. Apabila demikian, kamu perlu mengubah skala peta dengan cara memperbesar atau memperkecil peta.

Memperbesar atau memperkecil peta dapat dilakukan dengan menggunakan tiga alat, yaitu pantograph, map o graph, dan kamera fotografi. Penggunaan alat pantograph dan mapograph untuk peta yang detail akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Kamera fotografi untuk memperbesar atau memperkecil peta tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, penggunaan kamera fotografi membutuhkan biaya yang cukup mahal. Hal ini teijadi karena penggunaan film. Meskipun demikian, kamu masih dapat memperbesar dan memperkedl peta dengan cara yang sederhana. Cara tersebut adalah dengan bantuan garis-garis koordinat.



Berikut ini langkah untuk memperkecil peta dengan menggunakan garisg aris koordinat.
  1. Persiapkan peta yang akan diperkecil! Misalnya, berskala 1: 50.000. Kemudian, buatlah grid pada peta tersebut dengan ukuran 2 cm x 2 cm.
  2. Misalnya, kita akan memperkecil peta menjadi setengahnya. Buatlah grid atau kotak-kotak pada kertas yang akan digambar dengan ukuran 1 cm x 1 cm!
  3. Sesudah kotak-kotak atau grid selesal dibuat pada peta maupun kertas yang akan digambar, berilah angka unit 1, 2, 3, ... dan seterusnya pada bagian samping kin grid dan abjad a, b , c dan seterusnya pada bagian atas grid!
  4. Gambarlah kenampakan peta pada kertas yang telah dibuat grid dengan mengacu pada angka dan abjad yang ada!
Langkah untuk memperbesar peta dengan garis-garis koordinat adalah sebagai berikut.
  • Persiapkan peta yang akan diperbesar, misalnya skala 1: 100.000! Kemudian, buatlah grid pada peta tersebut dengan ukuran 1 cm x 1 cm
  • Misalnya, kita akan memperbesar peta menjadi dua kalinya. Buatlah grid atau kotak-kotak yang akan digambar dengan ukuran 2 cm x 2 cm!
  • Sesudah kotak-kotak atau grid selesai dibuat pada peta maupun kertas yang akan digambar, berilah angka urut 1, 2, 3, ... dan seterusnya pada bagian samping kiri dan abjad a, b, c, ... dan seterusnya pada bagian atas grid!
  • Gambarlah kenampakan peta pada kertas yag telah dibuat grid, dengan mengacu pada angka dan abjad yang ada!
Apabila peta yang kita miliki tersebut ukurannya diubah, skalanya turut berubah pula. Dalam mengubah skala ini, ada dua ketentuan yang harus di perhatikan.
  • Jika peta diperbesar menjadi n kali maka penyebut dan skalanya harus dibagi dengan bilangan n.
Contoh:

Sebuah peta memiliki skala 1:100.000 jika diperbesar 2 kali, skalanya berubah menjadi 1: 100.000 = 1: 50.000 dan jika diperbesar empat kali, skalanya berubah menjadi 1: 100.000 = 1: 25.000
  • Jika peta diperkecil enjadi n kali maka penyebut dan skalanya harus dikali dengan bilangan n.
Contoh:

Sebuah peta memiliki skala 1 :100.000,jika diperkecil dua kali (50%), skalanya berubah menjadi 1: (100.000 x 2) = 1: 200.000
Sumber Pustaka: Ganeca Exact