Mengembangkan Kesadaran Akan Pentingnya Berserikat Dan Mengeluarkan Pendapat

Mengembangkan Kesadaran Akan Pentingnya Berserikat Dan Mengeluarkan Pendapat


  • Kesadaran adalah suatu kehendak atau kemauan melaksanakan sesuatu yang timbul dan hati sanubari sendiri tanpa ada paksaan dan orang lain. Berserikat adalah bersama-sama untuk mengusahakan sesuatu dalam suatu bidang kegiatan. Berserikat yang dimaksud di sini adalah berserikat dalam suatu kegiatan politik, melalui organisasi yang diakui keberadaannya oleh pemrintah. Kesadaran berserikat itu penting.
  • Kesadaran berserikat adalah kehendak atau kemauan berserikat tanpa dipaksa oleh orang lain karena tahu manfaat dan berserikat.

Berserikat itu penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan berserikat, kehidupan politik menjadi dinamis.



Tata Cara Berserikat

Berserikat di neara Republik Indonesia telah diatur dalam Undang-undang. Di Indonesia ada dua kelompok organisasi dimana warga neara dapat berserikat.
  • Organisasi Politik
Menurut pasal I avat (1) undang-undang No. 2/1999 partai politik adalah set lap organisasi yang dibentuk oie rga negara Republik Indonesia secara sehat atas dasar persamaan kehendak untuk memperjuangkan baik kepentingan anggotanya maupun bangsa dan negara melalui peinilihan umum. Peinilu 1999 diikuti 48 partai.

Adapun partai-partai yang mampu mengumpulkan suara untuk menempatkan wakil-wakilnya di DPR antara lain sebagai berikut.
  1. PDI-P
  2. Partai Golkar
  3. PPP 
  4. PKB
  5. PAN
  6. PBB
  7. PK
  • Organisasi Sosial Kernasyarakatan
Organisasi Kemasvarakatan adalah Organisasi yang dilantik oleh anggota masyarakat warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kegia fan, profesi, fun gsi, agama, dan kepercauaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh orgarusasi sosial kemasyarakatan.
  1. Serikat Pekea Seluruh Indonesia (SPSI)
  2. Pembinaan Keselahteraan Keluarga (P1(K)
  3. Lembaga Sosial Desa (LSD)
  4. Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD)
  5. Palang Merah Remaja (PMR)
Jika seseorang telah masuk ke salah satu orgariisasi seperti tersebut di atas, berarti telah berserikat untuk bersama-sama memajukan bangsa dan negara. Dalam berserikat ada aturan main yang harus dipenuhi. Inisalnya, harus menjadi warga negara Indonesia, tidak menjadi anggota partai terlarang, setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta persyaratan lainnya.

Tata Cara Mengeluarkan Pendapat

Di dalam organisasi, seorang anggota bebas mengeluarkan pendapatnya. Asalkan pendapatnya tidak bertentangan dengan pendirian organisasi tersebut.

Pendapat ini disampaikan dalam musyawarah. Pendapat ini kemudian dibicarakan bersama sehingga ditemukan kesepakatan. Pendapat seseorang mernang harus dihargai. Apalagi negara kita adalah negara demokrasi. Suara masyarakat sangat berharga bagi perkembangan negara. Usulan dan bawah merupakan masukan berharga untuk menentukan kebijakan lebih lanjut.

Adapun urut-uru [an penyampaian pend apat yang pada akhirnya dijadikan suatu keputusan nasional sebagai berikut.
  1. Pendapat seseorang dan tingkat paling bawah disalurkan ke pengurus dan menjadi keputusan dan bawah.
  2. Keputusan dan bawah dibawa ke tingkat anggota DPRD Tingkat II untuk menjadi keputusan DPRD Tingkat II.
  3. Dan DPRD Tingkat II usulan dibawa ke DPRD Tingkat I untuk dihicarakan di Tingkat I.
  4. Keputusan di DPRD Tingkat I disampaikan ke DPR RI untuk dijadikan keputusan nasional.
Inisalnya: Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya Nomor 4 Tahun 1992. Pada mulanya undang-undang tersebu t ditentang oleh masyarakat. Setelah menerima masukan dan pendapat masyarakat, maka beberapa pasal diperbaharui sehingga tidak merugikan masyarakat. Akhirnya, masyarakat pun menenima undang-undang itu dengan senang hati.

Manfaat dalam Kegiatan Berorganisasi

Seseorang yang berperan serta dalam kegiatan organisasi akan mendapat manfaat berorganisasi. Adapun manfaat yang dapat dipetik dan kegiatan berorganisasi antara lain
adalah sebagai berikut.
  1. Ikut merasa meiniliki bangsa dan ngara.
  2. Melatih seseorang untuk mengendalikan emosinya, karena belum tentu pendapat yang disampaikarmya itu diterima oleh orang lain.
  3. Ikut memajukan bangsa dan negaranya.
  4. Melatih seseorang untuk dewasa.
  5. Melatih seseorang dalam beretika.
Supaya manfaat dalam kegiatan berorganisasi ini dapat kita rasakan, tentu kita perlu mengembangkan sikap-sikat tertentu.

Sikap yang perlu dikembangkan
  • Menghargai orang lain.
  • Menjalin kerjasama dengan orang lain.
  • Menyadari betapa pentingnya organisasi dalam kehidupan sosial.
  • Berani menyatakan pendapat.
  • Memecahkan masalah yang ada dengan cara musyawarah.
Sumber Pustaka: Erlangga