Mengembangkan Kesadaran Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Mengembangkan Kesadaran Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia


Keadilan sosial yang merata bagi setiap warga negara sangat didambakan dalam kehidupan di negara yang berdasarkan Pancasila. Keadilan akan berhasil diciptakan dalam masyarakat kalau setiap warga meiniliki rasa keadilan. Warga yang memiliki rasa keadilan sadar akan hak dan kewajibannya. Lebih lanjut, kesadaran itu membuatnya tahu bagaimana memperlakukan orang lain sesuai dengan hak dan kewajibannya.

Pembinaan rasa keadilan bukan perkara mudah. Setiap orang cenderung mementingkan hak-haknya terlebih dahulu. Lagi pula, kita cenderung mengabaikan hak orang lain setelah hak kita terpenuhi. Lihatlah kenyataan sulitnya kita untuk antri saat membeli makanan, karcis, naik bis, dan kegiatan lainnya.



Rasa keadilan dapat kita turnbuhkan dengan mulai memperhatikan hak orang lain. Kita memberi kesempatan pada orang lain untuk memperoleh hak-haknya. Apabila semua orang bersikap sama, akan muncul suasana seperti ini.
  • Setiap orang akan merasa diakui dan dihormati.
  • Setiap orang percaya satu sama lain sehingga tidak perlu khawatir haknya terabaikan.
  • Setiap orang akan melakukan kewajibannya dengan sungguh-sungguh karena merasa terjamin.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan dalam GBHN 1999.

Berhasilnya pelaksanaan penyelenggaraan negara untuk mencapai cita-cita bangsa, tergantung pada peran aktif masyarakat serta pada sikap mental, tekad, semangat, serta ketaatan dan disiplin para penyelenggara negara. Sehubungan dengan itu, semua kekuatan sosial politik, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga kemasijarakatan lainnya penn menyusun program menurut fungsi dan kemampuan masing-masing dalam melaksanakan Garis-garis Besar Haluan Negara. Dalam rangka melaksanakan tanggung jawab bersama dan demi makin kukuhnya persatuan dan kesatuan bangsa, perlu dikembangkan peran aktif masyarakat dalam ran gka menyiapkan Garis-garis Besar Haluan Negara yang akan datang. Oleh karena keadilan tidak dapat dilepaskan dan masyarakat, sudah saatnya kita membina sikap yang menumbuhkan rasa keadilan.

Sikap yang perlu dikembangkan
  1. Menyadari batas-batas hak pribadi dengan mengutamakan kewajiban menghormati hak-hak orang lain.
  2. Mau ikut mempeijuangkan nasib orang lain yang tertindas.
  3. Bersedia mendampingi orang lain agar mampu mandiri.
  4. Menghindarkan din dan kecenderungan memanfaatkan orang lain untuk keuntungan din sendiri.
  5. Selalu menerapkan praduga tak bersalah pada orang lain.
  6. Memberi kesempatan kepada orang lain untuk menjalankan kehidupannya dengan aman dan tenteram.
Sumber Pustaka: Erlangga