Mengembangkan Kesanggupan Diri Dalam Mengisi Pembangunan

Mengembangkan Kesanggupan Diri Dalam Mengisi Pembangunan


Orang yang mampu mengisi pembangunan adalah warga negara yang baik. Tingkat kemampuan setiap orang tentu berbeda-beda. Kemampuan seorang siswa berbeda dengan orang yang sudah dewasa. Apa yang dapat kita sumbangkan untuk pembangunan ini? Surnbangan efektif dapat kita berikan dengan mengemhangkan sikap-sikap yang mendukung pembangunan. Tentu saja sikap kita tunjukkan sesuai dengan kemampuan kita.



Sikap yang perlu dikembangkan

  1. Tidak membuat gaduh dan kekacauan di lingkungan dimana kita berada.
  2. Mengamalkan ilmu untuk mencerdaskan bangsa.
  3. Mentaati segala larangan pemerintah dan melaksanakan hal-hal yang diperintahkan.
  4. Selalu berusaha mencari ilmu dan pengalaman baru yang berguna.
  5. Tidak mudah putus asa dalam menghadapi cobaan dan tantangan yang datang.
  6. Ikut aktif dalam mentaati perintah dan menjauhi larangan yang melanggar hukum.
  7. Ikut aktif dalam kegiatari di sekolah.
Dalam mengembangkan sikap di atas kita hendaknya ingat dasar pemikiran GBHN 1999. Di sini dikatakan hal berikut.

Pembangunan yang terpusat dan tidak inerata yang dilaksanakan selama mi ternyata hanya mengutamakan pertumhuhizn ekonomi serta tidak diimbangi kehidupan sosial, politik, ekonomi yang demokratis dan berkeadilan. Fundamental pembangunan ekonomi yang rapuh, penyelenggaraan negara yang sangat birokratis dan cenderung korup, serta tidak demokratis telah menyebabkan krisis moneter dan ekonoini, yang nyaris berlanjutden gan krisis moral yang memprihatinkan.

Hal tersebut kemudian menjadi penyebab timbulnya krisis nasional yang berkepanjangan, telah membahayakan persatuan dan kesatuan mengancam kelangsungan kehidu pan ban gsa dan negara. Karena itu, reformasi di segala hidang dilakukan untuk bangkit kembali dan memperteguh kepercayaan din atas kemampuannya dan melakukan langkah-langkah penyelamatan, pemulihan, pemantapan, dan pengembangan pembangunan dengan paradigma baru Indonesia masa depan yang berwawasan kelau tan dalam rangka mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Pengamalan Pancasila

Keikutsertaan dalam pembangunan merupakan pengamalan Pancasila khususnya sila Keadilan Sosal Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Sumber Pustaka: Erlangga