Negara-Negara Di Kawasan Afrika Bagian Selatan

Negara-Negara Di Kawasan Afrika Bagian Selatan

Berikut ini adalah beberapa negara di kawasan Afrika di bagian selatan

Republik Afrika Selatan


Negara Republik Afrika Selatan merupakan negara republik multi partai yang letaknya di ujung selatan Benua Afrika. Republik Afrika Selatan beribu kota di Cape Town. Luas negara Republik Afrika Selatan adalah 1.221.037 km2 dengan batas-batas sebagai berikut.



Sebelah utara : Namibia, Botswana, Zimbabwe, Swaziland, dan Mozambik.
Sebelah selatan dan timur : Samudera Hindia
Sebelah barat : Samudera Atlantik
  • Bentang alam
Di ujung selatan Benua Afrika terdapat Pegunungan Cape yang membentang ke arah utara dan timur. Dan Cape Town terbentuk suatu garis pantai yang berlekuk dan tanjung yang menjorok serta teluk yang dalam. Dasar laut banyak yang langsung turun secara tajam, kecuali di ujung selatan pada perpanjangan Tanjung Agulhas. Sebagian besar wilayah Republik Afrika Selatan berupa plato dengan ketinggian 900 - 1.800 m di atas permukaan laut. Plato tersebut berbentuk cawan dan dikelilingi rangkaian pegunungan. Titik tertinggi daerah plato mi terdapat di Pegunungan Drakensberg, yakni Gunung Thabana Ntlenyana (3.482 m) terletak di sebelah timur Lesotho. Tebing-tebing curam yang mengapit plato tersebut turun secara tajam menuju pantai yang sempit.

Sungai-sungai di Republik Afrika Selatan tidak cocok digunakan sebagai sarana angkutan air. Angkutan air dilakukan melalui laut dengan pelabuhan di pantai. Pelabuhan utama terdapat di Cape Town, Port Elisabeth, Durban, dan Oos London. Durban adalah pelabuhan khusus untuk barang, sedangkan Cape Town adalah pelabuhan penumpang. Beberapa sungai yang mengalir di Republik Afrika Selatan antara lain: Sungai Gamtoos dan Sungai Gourits yang berhulu di tepi tebing pegunungan dan mengalir melalui Pegunungan Cape sebelum bermuara ke laut; Sungai Oranye yang berhulu di daerah plato dan turun ke pantai melalui air-air teijun serta ngarai-ngarai yang dalam; Sungai Tugela, Sungai Kei Besar, dan Sungai Vis Besar yang berhulu di sepanjang tepi tebing pegunungan dan bermuara ke laut sesudah melalui alur yang pendek dan curam.
  • Iklim
Iklim di Afrika Selatan terbagi menjadi dua. Pada bagian timur, beriklim subtropis. Temperatur rata-rata di Cape Town adalah 4°C (Januari) dan 17°C (Juli). Curah hujan di Durban rata-rata adalah 1.008 mm!tahun. Pada bagian barat yang merupakan daerah pantai, beriklim kering. Daerah mi merupakan padang pasir yang memanjang sampai ke utara. Curah hujan rata-rata di daerah mi sangat kecil, yakni hanya 30 mm! tahun.
  • Flora dan Fauna
Bagian barat daya Cape Town memiliki tipe vegetasi Laut Tengah yang didominasi oleh tumbuhan protea. Pesisir timur yang lebih panas diapit oleh semak belukar alami dengan hutan ash di jurang-jurang. Sebagian besar plato yang terdapat di wilayah timur lebih basah sehingga banyak ditemukan padang rumput pada semak belukar, hutan, dan banyak terdapat tanaman kapas. Semakin ke arah barat rerumputan semakin pendek dan di Plato Karroo hanya tumbuh semak belukar semi kering. Beberapa binatang yang hidup di Afrika Selatan antara lain: singa, gajah, antelop, kuda nil, badak, jerapah, macan tutul, dan burung. Ada beberapa Taman Nasional untuk melindungi hewan antara lain Taman Nasional Kruger, Taman Nasional Gemsbock Kalahari, Taman Nasional Gajah Addo, dan taman-taman margasatwa lainnva di Natal yang dihuni badak putih.

Lesotho



Lesotho merupakan negara kecil yang berada di dalam Republik Afrika Selatan. Dengan demikian, Lesotho berbatasan langsung dengan negara Republik Afnka Selatan pada setiap arah mata angin. Luas keseluruhan Lesotho adalah 30.355 km2. Lesotho adalah negara yang berbentuk kerajaan merdeka, dengan beberapa negara persemakmuran di dalamnya. Kepala pemerintahan dipegang oleh seorang perdana menteri.
  • Bentang alam
Di bagian barat. seperempat wilayah negara Lesotho berupa dataran rendah yang merupakan areal usaha pertaniari. Wilayah lainnya merupakan dataran tinggi, dan puncak tertinggi adalah Pegunungan Drakensberg dengan ketinggian 3.400 m di atas permukaan laut. Tanah di daerah pegunungan tampak tandus dan kering. Sungai yang mengalir di Lesotho adalah Sungai Caledon dan Sungai Oranye. Sungai Oranye merupakan sungai terpanjang di Lesotho dan mengalir ke barat menuju Samudera Atlantik.
  • Iklim
Lesotho memiliki iklim sejuk. Pada musim dingin udara kering. Pada musim panas udara hangat. Musim panas jatuh pada bulan Oktober — April. Temperatur rata-rata pada bulan Januari adalah 15CC, sedangkan pada bulan Juli adalah 25°C. Hujan jatuh pada bulan Oktober sampai April. Rata-rata curah hujan adalah 725 mm/tahun.
Sumber Pustaka: Erlangga