Pembagian Kawasan Benua Afrika Dan Batas-Batasnya

Pembagian Kawasan Benua Afrika Dan Batas-Batasnya



Benua Afrika merupakan benua terluas kedua setelah Asia dan terpadat ketiga setelah Asia dan Eropa. Pada abad ke-15, pengetahuan tentang Afrika mulai bertambah, sebagai hasil dan pelayaran bangsa Portugis. Orang Portugis yang mengadakan pelayaran di antaranya Bartholomeus Diaz (1486) yang sampai di Tanjung Harapan.

Pada tahun 1497, Vasco da Gama berhasil tiba di Tanjung Harapan. Dan Tanjung Harapan, dia merintis jalan ke thdia untuk selanjutnya ke dunia timur. Oleh sebab itu, dia dianggap sebagai perintis rute perdagangan orang-orang Eropa ke dunia timur.


Pengetahuan tentang Benua Afrika, pertama kali dijelaskan oleh Pendeta Living Stone dan Stanley yang telah mengadakan perjalanan dan pantai barat ke pantai timur Afrika. Stanley akhirnya menemukan Sungai Kongo. Coba amati peta Benua Afrika pada Gambar 5.1. Secara astronomis, Benua Afrika terletak antara 37°LU — 34°LS dan 17°BB — 51°BT. Batas-batas benua Afnka adalah sebagai berikut.

Sebelah utara : Laut Tengah, Laut Merah, dan Selat Gibraltar.
Sebelah selatan dan barat : Samudera Atlantik.
Sebelah timur : Samudera Hindia.

Bentang Alam Afrika


Relief yang ada di Benua Afrika antara lain adalah sebagai berikut.
  • Pegunungan dan dataran tinggi
Benua Afrika sebagian besar merupakan pengunungan dan dataran tinggi. Di dataran tinggi Afrika Timur terdapat danau-danau. Di Afrika Barat Laut terdapat Pegunungan Atlas.

Oleh karena Benua Afrika sebagian besar terdiri dan pengunungan dan dataran tinggi maka sungai di Afrika berjeram-jeram. Jeram yang terkenal ialah Jeram Victoria pada Sungai Zambei dan Jeram Stanley pada Sungai Kongo.
  • Dataran rendah
Daerah pantai Afrika merupakan dataran rendah yang sempit. Dataran rendah itu berteras-tera-. rnakin ke pedalaman makin tinggi. Dataran rendah yang terkenal adalah Lembah Sungai \il di Mesir yang merupakan dataran rendah yang subur.
  • Gurun
Di Afrika bagian utara terdapat gurun yang luas, yaitu Gurun Sahara dan Gurun Lybia di Afrika Utara dan Gurun Kalahari di Afrika Selatan.

Iklim


Benua Afrika terdiri dan beberapa daerah iklim, sebagai berikut.
  1. Iklim tropis yang meliputi daerah Afrika Tengah.
  2. Iklim gurun yang meliputi daerah Gurun Sahara dan Gurun Kalahari. Iklim gurun memiliki ciri-ciri khas, yaitu suhu pada malam han sangat dingin dan pada siang han sangat panas.
  3. Iklim subtropis yang meliputi daerah pantai Laut Tengah dan daerah semenanjung Afrika Selatan.

Flora dan fauna


  • Hutan
Di Afrika Tengah seperti Kongo, Guinea, Ethiopia, dan Malagasi terdapat hutan rimba heterogen, seperti hutan di Indonesia. Di Afrika Utara dan Afrika Bagian Selatan terdapat hutan subtropis.Tumbuh-tumbuhan pada hutan itu selalu hijau sepanjang tahun.
  • Sabana dan Stepa
Sabana dan Stepa terdapat di sebelah utara dan selatan daerah hutan rimba.
  • Tumbuh-tumbuhan gurun
Di daerah-daerah gurun hampir tidak ada tumbuhan-tumbuhan, kecuali di daerah oase atau wanah. Pohon kurma banyak terdapat di daerah tersebut.
  • Binatang
Di hutan hidup beberapa binatang seperti gajah, kera, ular, harimau, dan burung. Di sungai hidup binatang besar seperti buaya, tapir, dan kuda nil. Di daerah-daerah sabana dan stepa hidup binatang-binatang seperti kerbau hutan, zebra, antelop, keledai, menjangan, dan jerapah.
Sumber Pustaka: Erlangga