Pengertian Kedudukan Sosial (Status Sosial) Dan Contohnya

Pengertian Kedudukan Sosial (Status Sosial) Dan Contohnya



Kedudukan sosial adalah salah satu tempat atau posisi seseorang dalam kelompok sosial atau masyarakat secara umum sehubungan dengan keberadaan orang lain di sekitamya. Kedudukan sosial meliputi lingkungan pergaulan, prestasi, hak, dan kewajiban. Perlu diketahui, seseorang dapat saja mempunyai beberapa kedudukan karena ikut serta dalam berbagai pola kehidupan sekaligus.

Contoh:

Kedudukan seorang pemuda yang bemama Donni Septian dan Desa Berdikari merupakan kombinasi dan segenap kedudukannya sebagai Ketua Karang Taruna “Mekar Lagi”, rnahasiswa teladan tingkat propinsi dan calon sarjana psikologi, anak Pak Idham, calon suami gadis bernama Ani dan desa tetangganya, dan sahabat karib Anton.

Macam kedudukan sosial. Dilihat dan proses terjadinya, kedudukan sosial seseorang dibedakan menjadi tiga.



Ascribed Status


Ascribed status adalah suatu kedudukan sosial dalam masyarakat yang diperoleh secara otomatis melalui kelahiran atau keturunan. Ascribed status diperoleh tanpa melalui suatu bentuk usaha tertentu bagi yang mendudukinya.

Contoh:

Jenis kelamin, kasta pada masyarakat Hindu, putra mahkota bagi seorang anak bangsawan (raja), dan lain sebagainya.

Achieved Status


Achieved status adalah suatu kedudukan yang dicapai seseorang melalui usaha-usaha yang disengaja. Jadi, status sosial mi terbuka bagi setiap orang. Semua individu berpeluang untuk mendudukinya asalkan memenuhi syarat-syarat tertentu.

Contoh:

Guru, dokter, hakim, menteri, dan jenderal.

Assigned Status


Assigned status adalah status sosial yang diberikan kepada seseorang yang berjasa telah memperjuangkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Akan tetapi, kedudukan tersebut diberikan karena seseorang telah lama menduduki suatu kepangkatan yang diakui masyarakat.

Contoh:

Status “Bapak Koperasi” diberikan kepada Drs. Mohamad Hatta yang hanyak berjasa dalam memajukan perkoperasian di Indonesia.
Sumber Pustaka: Erlangga