Pengertian Munakahat Dalam Islam

Pengertian Munakahat Dalam Islam


Munakahat berarti pernikahan atau perkawinan. Kata dasar dan pernikahan adalah nikah. Kata nikah memiliki persamaan dengan kata kawin. Menurut bahasa Indonesia, kata nikah berarti berkumpul atau bersatu. Dalam istilah syari’at, nikah itu berarti melakukan suatu akad atau perjanjian untuk mengikatican din antara seorang laki-laki dan seorang perempuan serta menghalalkan hubungan kelamin antara keduanva dengan dasar suka rela dan persetujuan bersama, demi terwujudnya keluarga (rumah tangga) bahagia, yang diridai oleh Allah SWT.



Nikah adalah fitrah, yang berarti sifat asal dan pembawaan manusia sebagai makhluk Allah SWT. Setiap manusia yang sudah dewasa dan sehat jasmani serta rohaninya, pastA membutuhkan teman hidup yang berbeda jenis kelaminnya. Teman hidup mi dapat men5enuhi kebutuhan biologis, dapat mencintai dan dicintai. dapat mengasihi dan dikasihi, serta dapat diajak bekerja sama untuk mewujudkan ketenteraman, kedamaian, dan kesejahteraan dalam hidup berumah tangga.

Nikah termasuk perbuatan yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW atau Sunnah Rasul. Dalam hal ni, disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW, yang artinya, “Dan Anas bin Malik r.a., bahwasanya Nabi SAW memuji Allah SWT dan menyanjung-Nya, beliau bersabda, Akan tetapi aku salat, tidur, berpuasa. makan, dan men ikahi wanita, barangsiapa yang tidak suka dengan perbuatanku, maka dia bukanlah dan golonganku. “ (H.R. A1-Bukhari dan Muslim).
Sumber Pustaka: Erlangga