Pengertian Perubahan Dan Dinamika Sosial Budaya

Pengertian Perubahan Dan Dinamika Sosial Budaya


Seperti kita ketahui bahwa tidak ada kebudayaan dan masyarakat yang statis. Semua kebudayaan dan masyarakat mempunyai dinainika atau gerak yang sebenarnya merupakan gerak manusia yang hidup di dalam masyarakat yang menjadi wadah dan kebudayaan tersebut. Gerak atau dinainika sosial budaya yang terjadi disebabkan karena mereka mengadakan hubungan-hubungan dengan manusia lain di sekelilingnya.

Salah satu bukti bahwa masyarakat dan kebudayaan mengalaini gerak dan perubahan adalah terjadinya akulturasi antara dua kelompok manusia yang berbeda latar belakang kebudayaan, saling bertemu dalam jangka waktu yang cukup lama, saling bergaul, sehingga unsur-unsur dua kebudayaan yang ada lambat laun diterima dan diolah dalam kebudayaan itu sendiri.



Selain itu, proses-proses pada perubahan sosial dan budaya dapat diketahui dan adanya ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Tidak ada masyarakat yang berhenti perkembangannya, karena setiap masyarakat pasti mengalaini perubahan, baik secara cepat maupun secara lambat.
  2. Perubahan sosial budaya tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau spiritual saja, karena kedua bidang tersebut merppunyai kaitan timbal balik.
  3. Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu, akan diikuti dengan perubahan pada lembaga sosial lainnya.
  4. Perubahan sosial yang cepat biasanya mengakibatkan disorganisasi yang bersifat sementara karena berada dalam proses penyesuaian diri.
Perubahan dan dinainika sosial budaya pada masyarakat dunia dewasa ini merupakan gejala yang normal dan pengaruhnya dapat menjalar dengan cepat ke bagian-bagian dunia lain berkat adanya komunikasi modern.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact