Pentingnya Sosialisasi Bagi Individu Dan Masyarakat

Pentingnya Sosialisasi Bagi Individu Dan Masyarakat


Sosialisasi dimulai dan sejak individu masih bayi yang dibimbing oleh orang tuanya hingga ia slap menyesuaikan din dalam kelompoknya, yaitu masyarakat. Masyarakat hanya dapat bekerja secara efektif bila para anggotanya berperilaku dan bersikap wajar sehingga dapat diperhitungkan.

Jika masyarakat harus tetap bertahan hidup, para anggotanya harus sating bekerja sama satu sama lain. Sebaliknya, jika masing-masing orang hanya ingin memenuhi kemauannya sendiri, akan terjadi pertentangan (konflik) dan kerusuhan. Melalui sosialisasi, para anggota masyarakat belajar untuk sating berkomunikasi satu sama lainnya. Hal tersebut kemudian akan diwariskan kepada generasi penerusnya sebagai pengetahuan yang dianggap perlu untuk mempertahankan masyarakat yang berwibawa.



Dengan demikian, sosialisasi sangat diperlukan seorang individu mulai sejak kecil hingga dewasa, karena merupakan dasar yang diperlukan dan memungkinkan individu berpartisipasi secara efektif dalam kehidupan sosial.

Alasan utama diperlukannya sosialisasi, yaitu agar dengan nilai, norma, dan peran yang dipelajari dan dimilikinya itu, seseorang dapat hidup baik dalam masyarakatnya. Dengan kata lain, kalau seseorang ingin hidup dengan baik dalam suatu masyarakat, diperlukan nilai dan norma harus ia junjung tinggi. Selain itu, sosialisasi juga diperlukan agar masyarakat tetap bertahan atau ada dengan semua nilai serta normanya, sehingga dapat diteruskan oleh anak atau generasi berikutnya, bila orang-orang tua dalam masyarakat itu sudah tidak ada lagi.
Sumber Pustaka: Ganaeca Exact