Peran Dan Makna Persatuan Dan Kesatuan Negara Republik Indonesia

Peran Dan Makna Persatuan Dan Kesatuan Negara Republik Indonesia


Indonesia merupakan wilavah dan bangsa yang majemuk. keragaman itu dapat menga kibatkan beragam perbedaan. Kalau perbedaan ini dibiarkan tanpa arah, akan timbul perpecahan yang merusak masa depan bangsa negara. Persatuan dan kesa Wan kita perlukan untuk memelihara keutuhan bangsa dan negara. Peran persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berrnasyarakat, berbangsa, dan bernegara antara lain sebagai berikut.

  • Persatuan dan kesatuan menjiwai perj uangan hangsa Indonesia untuk mengisi kemerdekaan menuju masyarakat adil dan makrnur.
  • Jiwa serta semangat persatuan dan kesatuan merupakan salah satu modal dasar pembangunan nasional. Artinya, persatuan dan kesatuan berperan sebagai sumber kekuatan nasional yang harus didaya gunakan demi terlaksananya pembangunan manusia Indonesia yang seutuhnya.
  • Persatuan dan kesatuan sesuai dengan kep ribadian bangsa Indonesia yang menj unjung tinggi kerukunan hidup beragama, persamaan derajat, dan kekeluargaan.
  • Persatuan dan kesatuan mampu menciptakan kemantapan (stahilitas) politik, sosial, dan ekonomi yang amat diperlukan bagi penyelenggaraan pembangunan nasional.
  • Persatuan dan kesatuan menjiwai sikap dan cara pandang bangsa Indonesia mengenai din dan lingkungannya (Wawasan Nusantara)
Makna persatuan dan kesatuan bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dapat kita bedakan dan segi politik, sosial budayta. ekonomi, dan pertahanan keamanan. Makna kesatuan dalam membina kehidupan bermasvarakat, berbangsa, dan bernegara adalah bahwa bangsa Indonesia bertekad menggalang kekuatan bersama menuju saW cita-cita yang mencakup segala bidang kehidupan, baik politik sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan.
Sumber Pustaka: Erlangga