Upaya Pemerintah Dan Lembaga Perlindungan HAM Dalam Penegakan HAM Di Indonesia

Upaya Pemerintah Dan Lembaga Perlindungan HAM Dalam Penegakan HAM Di Indonesia



Pemerintah Indonesia telah berupaya untuk menegakkan hak asasi manusia. Hal mi dapat dilihat dan upaya pemenmntah menerbitkan peraturan-peraturan yang berhubungan dengan hak asasi manusia serta menyeret ke pengadilan bagi para pelaku pelanggaran HAM.



Setelah PBB mengesahkan Universal Declaration of Human Rights atau dekiarasi hak asasi manusia sedunia. maka semua negara anggota PBB mempunyai kewajiban memasukkan hak asasi manusia ke dalam UUD negaranya. Oleh karena Indonesia juga anggota PBB. maka Indonesia mempunyai kewajiban memasukkan hak asasi manusia dalam UUD Negara Republik Indonesia. Hal ini nyatanya telah dilakukan para pendiri negara serta ditindak lanjuti dengan peraturan perundangan lainnya.

Pemerintah terus berupaya menyempurnakan berbagai peraturan yang berhubungan dengan hak asasi manusia agar hak asasi manusia dapat terlaksana dengan baik. Pembentukan Komnas HAM sebagal bagian dan upaya pemerintah untuk menghormati piagam HAM PBB. Usaha memajukan dan melmndungi HAM di Indonesia itu disesuaikan dengan prinsip hukum yang berlaku secara nasional. Upaya-upaya pemermntah untuk menyelesaikan pelanggaran HAM merupakan bagian sikap positif pemerintah atau lembaga perlmndungan HAM untuk menegakkan pelaksanaan HAM.
Sumber Pustaka: Yudhistira