Arti Dan Jenis Kepentingan Umum Dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Arti Dan Jenis Kepentingan Umum Dalam Berbagai Aspek Kehidupan



Setiap manusia pasti memiliki cita-cita, begitu juga dengan suatu bangsa, misalnya bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia memiliki cita-Cita seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Dalam mewujdkan cita-cita tersebut sudah tentu untuk memenuhi kepentingan nasional. Cita-cita itu kemudian dituangkan dalam tujuan nasional, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. 



Hal ini yang disebut dengan kepentingan umum atau kepentingan nasional. Untuk mewujudkan kepentingan umum dilakukan pembangunan di segala bidang yang sering disebut dengan pembangunan nasional. Adapun tujuan pembangunan nasional adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, dan berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tenteram, tertib, dan dinamis dalam iingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, tertib dan damai.

Arti dan Jenis Kepentingan Umum



Negara merupakan organisasi masyarakat yang terbesar, atau merupakan perpaduan dan masyarakat yang memiliki aneka ragam corak dan budaya. Karena keanekaragaman tersebut sehingga tujuan yang ingin diwujudkan juga harus merupakan cermin dan seluruh masyarakatnya. Tujuan tersebut terkenal dengan sebutan tujuan nasional, yaitu perpaduan antara tujuan lahiriah dengan tujuan batiniah atau material dan spiritual, di mana kesejahteraan harus dapat dinikinati oleh seluruh lapisan masyarakat baik yang tinggal di kota maupun di desa. Pelaksanaan pembangunan harus berjalan serasi dan seimbang, sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Pembangunan harus dilaksanakan di segala sektor guna mencukupi kebutuhan baik di bidang material maupun spiritual. Perwujudan tujuan dilaks anakan dengan pembangunan secara bertahap, yang disebut pembangunan lima tahun atau Pelita.

Pembangunan nasional 4ilaksanakan bersama oleh masyarakat dan pemerintah. Masyarakat merupakan pelaku utama pembangunan dan pemerintah berkewajiban untuk mengarahkan, membimbing serta menciptakan suasana yang menunjang. Kegiatan masyarakat dan kegiatan pemerintah harus saling menunjang, saling mengisi, dan saling melengkapi dalam satu kesatuan langkah menuju tercapainya tujuan pembangunan nasional. Pembangunan nasional di selenggarakan secara bertahap denganjangka panjang, yaitu 25 tahunan danjangka sedang 5 tahun. Pembangunan dilaksanakan dengan mendayagunakan seluruh sumber daya nasional/manusia untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional.
Sumber Pustaka: Pabelan