Arti Dan Perlunya Kasih Sayang Dalam Kehidupan Keluarga Dan Kekerabatan

Arti Dan Perlunya Kasih Sayang Dalam Kehidupan Keluarga Dan Kekerabatan



Manusia adalah makh1uk pribadi, sekaligus makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendirian,, maka ia hidup dalam lingkungan masyarakat. Ia harus bergaul dengan orang lain, karena tidak dapat memenuhi semua kebutuhan hidupnya sendirian. Ia memerlukan petrolongan orang lain, dan pada suatu saat orang lain pun memerlukan pertolongannya. Oleh karena itu, manusia hidup secara tolong-menolong. Agar manusia dapat hidup tolong-menolong, maka harus dapat merasakan penderitaan orang lain. Dengan demikian sikap hidupnya akan disesuaikan dengan penderitaan orang lain. Untuk itu, kita hidup di dalam masyarakat perlu suasana kebersamaan, kekeluargaan, kasih sayang dan gotong royong terhadap sesamanya, sehingga terwujud kesejahteraan bersama secara adil.



Keluarga adalah kesatuan ikatan masyarakat terkecil. Keluarga merupakan ikatan! kesatuan masyarakat berdasarkan pertalian darah, berdasarkan keturunan, yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak-anak. Dalam keluarga, manusia hidup bersama ibu dan bapak serta saudara. Masing-masing anggot mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda, sekalipun demikian bukan berarti bahwa dalam keluarga tidak ada kerja sama, antara anggota keluarga harus saling mengasihi dan sayang-menyayangi.

Orang tua dengan penuh kasih sayang mendidik dan membina anak-anaknya, sebaliknya anak-anak selalu hormat dan patuh padanya. Dalam melaksanakan tugasnya mereka selalu tolong-menolong, bantu-membantu, dan bekerja sama, sehingga dapat menciptakan kehidupan keluarga yang harmonis. Hubungan yang selaras, serasi, dan seimbang dalam keluarga, akan tercipta apabila dilandasi oleh cinta kasih, hormat-menghormati dengan penuh pengorbanan. Kita wajib menghormati semua orang terutama orang tua dan orang yang lebih tua dan kita.
Sumber Pustaka: Pabelan